RAGAM

CERPEN
motivasi mei
Saturday, May 12th, 2012


Semua keributan dan pertengkaran di rumah itu mengakibatkan suami yang miskin itu ada dalam stress yang besar. Akhirnya, Li-li tidak tahan lagi dengan temperamen buruk dan dominasi ibu mertuanya, dan dia memutuskan untuk melakukan sesuatu.

lelaki
Saturday, May 12th, 2012

Geram sekali tampaknya Ibu itu. Sedari tadi sudah panas telinganya mendengar kumpulan anak-anak kuliahan asik bercerita. Bukan tentang urusan kuliah apalagi ujian, tetapi tentang wanita.

 

“Eh? Jangan menginap disana, nanti ada penggerebekan!” kata laki-laki yang satu.

“Haha, tenang saja, aku di rumah kok tidurnya,” kata Si Tersangka utama.

kecewa
Thursday, April 5th, 2012

Sebuah taman yg berada di sebuah SMA elit terfavorit terlihat dua remaja bercakap-cakap, bercanda dan tertawa, Bebhi dan Alexis. Sepuluh tahun bersahabat membuat mereka sangat saling membutuhkan. Dari TK hingga SMA mereka tak pernah terpisahkan. Sampai suatu masalah muncul..

 

***

ayah
Thursday, March 8th, 2012

 

Seorang pemuda sebentar lagi akan diwisuda, dia akan menjadi seorang sarjana, akhir dari jerih payahnya selama beberapa tahun di bangku pendidikan. Beberapa bulan yang lalu dia melewati sebuah showroom, dan saat itu dia jatuh cinta kepada sebuah mobil sport, keluaran terbaru dari ford. Selama beberapa bulan dia selalu membayangkan, nanti pada saat wisuda ayahnya pasti akan membelikan mobil itu kepadanya.

ureshi
Thursday, March 8th, 2012

 

Air mata terus menetes, hanya rasa sesal dan bersalah yang memenuhi dada. Hanya sepeda tua karatan menemani perjalananku yang tanpa arah. “Kalau kamu kaya gini kamu sendiri yang rugi,” hanya kata-kata itu yang terngiang.

 

ibu
Thursday, December 8th, 2011
“Bu, lapar…!” rengek anak kecil yang sedang berada di pangkuannya. Wanita itu menatap dengan lembut anaknya. Hatinya terasa teriris-iris. Dipandangi gubug reyot tempatnya tinggal, tidak ada sama sekali makanan yang masih tersisa. Hanya ada air putih yang masih tersisa di dalam kendi tanah diatas meja. Perlahan diraihnya kendi tanah itu dan mengulurkan kucunya ke mulut anak semata wayangnya.
Thursday, December 8th, 2011
Alkisah, seorang lelaki keluar dari pekarangan rumahnya, berjalan tak tentu arah dengan rasa putus asa. Sudah cukup lama ia menganggur. Kondisi finansial keluarganya morat-marit.
crita
Friday, July 1st, 2011

Aku dilahirkan di sebuah dusun pegunungan yang sangat terpencil. Hari demi hari, orang tuaku membajak tanah kering kuning, dan punggung mereka menghadap ke langit. Aku mempunyai seorang adik, tiga tahun lebih muda dariku.

 

Saturday, July 2nd, 2011

BERIKUT INI adalah cerita masa muda Dr. Arun Gandhi, cucu dari Mahatma Gandhi. Waktu itu Arun masih berusia 16 tahun dan tinggal bersama orang tua di sebuah lembaga yang didirikan oleh kakeknya Mahatma Gandhi, di tengah-tengah kebun tebu, 18 mil di luar kota Durban, Afrika selatan. Mereka tinggal jauh di pedalaman dan tidak memiliki tetangga. Tidak heran bila Arun dan duasaudara perempuannya sangat senang bila ada kesempatan pergi ke kota untuk mengunjungi teman atau menonton bioskop.

kue
Thursday, June 30th, 2011

 

BANYAK orang hanyut dalam euforia Valentine dengan bertukar pesan cinta. Jutaan orang bertukar kartu cinta, kado spesial, hingga pesan cinta sebagai simbol perayaan Valentineyang jatuh setiap 14 Februari. Mereka memaknai Valentine sebagai hari kasih sayang.

 

apel
Saturday, July 2nd, 2011

Suatu ketika, hiduplah sebatang pohon apel besar dan anak lelaki yang senang bermain-main di bawah pohon apel itu setiap hari. Ia senang memanjatnya hingga ke pucuk pohon, memakan buahnya, tidur-tiduran di keteduhan rindang daun-daunnya. Anak lelaki itu sangat mencintai pohon apel itu. Demikian pula, pohon apel sangat mencintai anak kecil itu.

 

pengrjin
Friday, July 1st, 2011

Di sebuah negeri, hiduplah dua orang pengrajin yang tinggal bersebelahan. Seorang diantaranya, adalah pengrajin emas, sedang yang lainnya pengrajin kuningan.