Sajian Utama

Sajian Utama
Monday, January 31st, 2011
E-learning
Friday, July 13th, 2012
E-learning atau Electronic Learning adalah pembelajaran mengenai suatu informasi melalui internet atau secara online.Dengan menggunakan e-learning kita mendapat banyak keuntungan antara lain hemat waktu, hemat uang, dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.
Friday, July 13th, 2012
Tahukah teman-teman sosok bernama Kahlil Gibran? Namanya sering dieja dengan Khalil Gibran, lahir di Libanon 6 Januari 1883 dan meninggal di New York City Amerika Serikat 10 April 1931 pada usia 48 tahun. Ia dikenal sebagai seniman, penyair dan penulis.
kawasan
Friday, July 13th, 2012
Tahukah teman-teman bahwa rokok adalah pintu masuk menuju narkoba? Yah, menurut survey yang dilakukan oleh sebuah lembaga kesehatan masyarakat, 75 persen pemakai narkoba memulainya dengan rokok. Maka jangan coba-coba merokok kalau tak ingin masa depan hancur.
cacad
Friday, July 13th, 2012
Tanggal 23 Juli setiap tahun diperingati sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Maka berbanggalah teman-teman yang saat ini masih berstatus sebagai anak sebab tanggal 23 Juli memang didedikasikan bagi anak-anak Indonesia. Anak-anak, bagian dari bangsa Indonesia yang sedang dan akan membawa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik di masa depan.
diincar nrkoba
Wednesday, June 6th, 2012
Di Provinsi Bali antara 2007-2011 terjadi 3.719 kasus narkoba. Kasus narkotika pada 2011 lalu 347 kasus, psikotropika 1 kasus, bahan aditif 539 kasus. Tahun 2011 jumlah tersangka kasus narkotika 397 orang, psikortopika 1 orang dan bahan auditif 545 orang. Di tahun yang sama (2011) jumlah pengedar 638 orang dan pemakai 305 orang.
Wednesday, June 6th, 2012
Teman-teman siswa-siswi SMA/SMK di seluruh Indonesia, termasuk di Bali diharapkan untuk menjadi pejuang-pejuang yang berperang melawan musuh besar negara tercinta Indonesia yakni narkoba. Sebab negeri kita ini tak luput dari serangan musuh jaman modern ini yakni narkoba.
Jangan Biarkan Narkoba Membunuhmu
Wednesday, June 6th, 2012
Tanggal 26 Juni ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai Hari Anti Narkoba Sedunia. Itu berarti narkoba sudah merupakan ancaman serius bagi kehidupan manusia di muka bumi ini. Jadi saatnya teman-teman mengatakan perang terhadap barang haram bernama Narkoba itu.
guru
Wednesday, June 6th, 2012
Kabar gembira bagi teman-teman siswa SMA/SMK di seluruh Indonesia. Setelah menanti hampir satu bulan lebih akhirnya bisa diketahui juga lulus atau tidak lulus dari Ujian Nasional. Meski demikian masih ada teman-teman kita yang tak lulus. Bahkan ada sekolah yang semua siswanya tidak lulus alias 100 persen tidak lulus.
Friday, May 11th, 2012

Tema Hardiknas dan Harkitnas 2012 ini adalah ‘Bangkitnya Generasi Emas Indonesia’. Tema ini sungguh relevan dengan kondisi kita saat ini, lebih-lebih bagi teman-teman siswa SMA/SMK di seluruh Indonesia yang masih dalam suasana Ujian Nasional dan Ujian Kenaikan kelas.

kihajar  dewantara
Friday, May 11th, 2012

Teman-teman kelas X dan XI saat ini tentu sedang menyiapkan diri untuk ujian kenaikan kelas. Di tengah persiapan tersebut teman-teman juga harus tetap melaksanakan sejumlah aktivitas ekstrakurikuler salah satunya dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei ini. Setiap sekolah tentunya punya cara masing-masing untuk memperingati hari bersejarah ini.

 

sukses
Friday, May 11th, 2012

 

Tiga tahun menempuh pendidikan adalah waktu yang panjang. Dan Ujian Nasional adalah jalan akhir yang menentukan. Aku tertawa atau menangis itu ditentukan tanggal 24 Mei 2012 mendatang. Ini adalah ungkapan tulus dari seorang siswi SMK swasta favorit di daerah Dalung, saat ditanya Imob Educare usai mengikuti ujian nasional mata pelajaran bahasa Indonesia.

Monday, April 2nd, 2012

 

Hari Kartini sudah di depan mata. Teman-teman pelajar SMA dan SMK di seluruh Bali tentu sudah punya agenda. Mau diisi dengan kegiatan apakah pada peringatan hari lahir ke-133 tahun Ibu Raden Ajeng Kartini tanggal 21 April 2012 mendatang?

 

gedung smk
Monday, April 2nd, 2012

 

Keberadaan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) hingga kini disanjung banyak orang namun juga dikritik sejumlah pihak. Wouh, teman-teman mau tahu apa saja sanjungan dan kritikan terhadap sekolah yang satu ini?

 

Monday, April 2nd, 2012

Ketika tulisan ini dibaca persis di tanggal 21 April, saat para pelajar merayakan Hari Kartini ke-133, mudah-mudahan ada yang kembali mengumandangkan lagu Ibu Kita Kartini. Lagu karangan WR Supratman ini tentu sudah dihafal luar kepala oleh para pelajar dari tingkat sekolah dasar hingga SMA/SMK. Meskipun banyak pula yang sangsi, apa betul pelajar masa kini masih suka menyanyikan lagu-lagu nasional penuh lirik patriotisme itu? Apakah pelajar masa kini masih merasa adanya getar-getar nasionalisme saat merayakan Hari Kartini?

mobil smk
Monday, April 2nd, 2012

 

Masih ingatkah teman-teman perihal mobil Kiat Esemka, hasil karya anak-anak bangsa yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan itu? Kita bangga sekaligus sedih karena mobil Esemka terganjal uji emisi. Tapi tak ada kata menyerah karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.

 

lomba kopetensi
Tuesday, January 10th, 2012
Gebyar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) seluruh Indonesia yang berlangsung di Parkir Timur Senayan Jakarta sudah lama lewat. Kegiatan itu sendiri sudah ditutup tanggal 24 November 2011 lalu.
Tuesday, January 10th, 2012
Tahun 2011 sudah kita tinggalkan. Kini kita memasuki tahun 2012. Tentu saja dengan kesiapan diri untuk menghadapi berbagai tantangan yang bakal terjadi sepanjang Januari sampai Desember 2012.
Bagi para praktisi pendidikan, para siswa dan mereka yang memiliki kepedulian pada dunia pendidikan, tahun 2012 tentu adalah tahun penuh perjuangan terutama untuk meningkatkan  kualitas, pelayanan dan pemerataan pendidikan bagi seluruh anak bangsa tercinta ini.
rsbi
Tuesday, January 10th, 2012
Keberadaan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Indonesia masih menjadi topik hangat untuk diperdebatkan.
ujian
Tuesday, January 10th, 2012
Teman-teman siswa-siswi SMA/SMK telah memasuki semester genap. Yang kelas X siap-siap menghadapi Ujian Akhir Semester untuk merebut tiket menuju Kelas XI sedangkan yang kelas XI siap-siap menempuh Ujian Akhir Semester untuk merebut tiket menuju Kelas XII.
ibu tangguh
Tuesday, December 6th, 2011
Tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu Nasional. Satu lagi bukti bahwa ibu yang adalah kaum perempuan mendapat tempat  terhormat dalam  kancah kehidupan  bermasyarakat.
Banyak  pihak yang bertanya, mengapa  hari Ibu  diperingati pada setiap tanggal 22 Desember?
ibu tangguh
Tuesday, December 6th, 2011
Tanggal 10 November 2011 di hampir semua halaman instansi pemerintah di Kota Denpasar berlangsung upacara bendera.
Tuesday, December 6th, 2011
Dalam bulan Desember 2011 ini ada sederet hari penting yang memberikan kita kesempatan untuk merefleksikan kembali apa makna di balik hari-hari penting tersebut. Ada dua hari penting yang saling bersentuhan yakni Hari Hak Asasi Manusia (HAM) yang diperingati  setiap tanggal 10 Desember dan  Hari Ibu  yang diperingati setiap tanggal 22 Desember.
Bertepatan dengan Hari HAM sedunia 10 Desember, ini merupakan saat yang sangat tepat untuk merenungkan kembali tindak tanduk dan perilaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
10 november
Tuesday, November 15th, 2011
“…Kami hanya punya bambu runcing, tapi kami harus maju  melawan penjajah  yang memiliki  senjata, bom dan meriam. Kami hanya punya keyakinan, bahwa kami harus tetap merdeka.
umarbakri
Tuesday, November 15th, 2011
“…Terpujilah wahai engkau Ibu Bapak guru/Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku/Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku/S’bagai prasasti trima kasihku ‘tuk pengabdianmu/Engkau bagai pelita dalam kegelapan/Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan/Engkau patriot pahlawan bangsa, tanpa tanda jasa…”
Lirik dan bait yang indah dan selalu dikenang, terlebih setiap 25 November dalam rangkaian peringatan Hari Guru Nasional.
Monday, October 10th, 2011

Dari segi akademis keberadaan bahasa Indonesia terusik pertumbuh­annya. Demikian juga bahasa Bali, semakin tidak terekspose di daerahnya sendiri. Sungguh berbeda dengan bahasa asing yang bertumbuh subur di Indonesia lebih-lebih di Bali. Hal ini ditandai dengan maraknya lembaga-lembaga yang menyelenggarakan kursus bahasa asing dan tidak pernah sepi peserta belajar.Lalu gejala apakah ini? Dampak globalisasi atau justru kurangnya kesadaran diri bangsa ini untuk mempertahankan bahasanya?

guru
Tuesday, November 15th, 2011
Tanggal 25 November  diperingati sebagai  Hari Guru  Indonesia. Guru, yang dijuluki sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa itu adalah pejuang yang turut serta menghantar  rakyat Indonesia ke pintu gerbang  kemerdekaan.
Berdasarkan catatan sejarah, nasionalisme para guru  sudah muncul sejak  tahun 1932, jauh sebelum Indonesia merdeka. Sebelumnya pada tahun 1912  lahir organisasi para guru dengan nama Persatuan  Guru Hindia Belanda (PGHB).
sumpah pemuda
Monday, October 10th, 2011

 

“…Kami Poetra dan Poetri Indonesia mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. Kami poetra dan poetry Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia…”