Akademi Pariwisata (AKPAR) Denpasar

Mencetak Tenaga Profesional Bidang Pariwisata
Tuesday, March 5th, 2013
AKPAR
Akademi Pariwisata (AKPAR) Denpasar yang menempati kampus di Jalan Tukad Balian No.15 Niti Mandala Renon Denpasar Bali adalah salah satu sekolah tinggi pariwisata yang bertujuan untuk mencetak tenaga professional di bidang pariwisata. Lembaga ini berdiri sejak 20 Juni 1970 dan terakreditasi.

Bidang ilmu yang dikelola AKPAR Denpasar adalah Program Pendidikan D1 sampai D3. Program Pedidikan Diploma I terdiri dari D1 Room Division dan D1 Food Beverage Division. Pada Program Diploma II terdapat D2 Perhotelan. Dan Program Diploma III terdiri dari D3 Perhotelan dan D3 Usaha Perjalanan Wisata. Dengan demikian para mahasiswa yang menyelesaikan jenjang pendidikan di AKPAR Denpasar berhak atas gelar Ahli Pertama (A.P), Ahli Muda (A.Ma) dan Ahli Madya (A.Md).

Akademi Pariwisata Denpasar meru­pakan lembaga pendidikan kepariwisataan dan perhotelan pertama di Bali.  AKPAR Denpasar adalah lembaga pendidikan tinggi formal yang berada di bawah naungan Depertemen Pendidikan Nasional (kini Depertemen pendidikan dan Kebudayaan).

Tujuan berdirinya AKPAR Denpasar adalah untuk mendidik dan menghasilkan tenaga kerja pariwisata tingkat dasar, menengah dan tinggi yang mampu mengisi berbagai posisi dan jabatan dalam bidang pariwisata (Perhotelan, Restoran, dan Biro Perjalanan) serta dapat memajukan dan mengembangkan bidang tersebut. Tujuan lainnya adalah menemukenali, mengamati dan memiliki kemampuan yang diperlukan di bidang pariwisata. Selain itu lembaga pendidikan tinggi ini bertujuan menghasilkan sumber daya manusia pariwisata yang bersikap, berkepribadian serta berbudi bahasa yang baik dalam keseharian di kampus, di rumah, di lingkungan sosial maupun di tempat kerja, yang merupakan tujuan pembinaan sikap (behavioural objective) dari lembaga.

Interaksi proses belajar mengajar di AKPAR  Denpasar menggunakan komposisi 60 persen praktek dan 40 persen teori yang disajikan dengan berbagai metode. Antara lain melalui metode ceramah, diskusi, demontrasi, praktek laboratorium, pratek kerja industri, seminar, worshop dan kuliah umum. Praktek dilakukan di laboratorium praktek sedangkan On The Job Training dilakukan pada beberapa hotel bertaraf nasional dan internasional, restoran dan biro perjalanan baik di Bali, maupun di luar negeri. Metode lainnya adalah melalui studi banding, widya wisata ke daerah lain baik di dalam maupun luar negeri, dalam usaha menambah wawasan bagi mahasiswa yang akan terjun ke dunia industri pariwisata. Para mahasiswa diasuh oleh para dosen tetap Yayasan, dosen negeri yang diperbantukan, dosen honorer dan dosen tamu.

Bagaimana persyaratan mendaftar sebagai mahasiswa AKPAR Denpasar? Cukup dengan mengisi formulir yang telah disediakan, menyerahkan foto copy STTB dan NIM yang telah dilegalisir masing-masing 2 lembar, menyerahkan pas foto ukuran 2x3 dan 3x4 masing-masing 4 lembar dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000,- Waktu pendaftaran tahap pertama tanggal 4 Maret 2013 sampai 4 Mei 2013 setiap hari kerja pukul 08.00 sampai 18.00 Wita, tes seleksi tanggal 6 Mei 2013 pukul 08.30 sampai selesai. Pendaftaran tahap kedua, tanggal 6 Mei 2013 sampai 20 Juli 2013 setiap hari kerja pukul 08.00 sampai 18.00 Wita, tes seleksi tanggal 22 Juli 2013 pukul 08.30 sampai selesai.

Bagi teman-teman yang ingin men­daftar, datang saja ke Kampus AKPAR Den­pasar Jalan Tukad Balian No.15 Niti Mandala Renon Denpasar Bali atau dapatkan informasi dengan mengontak Telpon: 0361-249396, Fax 0361-238150. Juga bisa diakses atau berkomunikasi melalui e-mail: akpardenpasar@yahoo.com.

Fasilitas pendukung yang disediakan berupa Lab Bar, Lab Bahasa, Lab Restoran, Lab Tata Graha, Lab Kitchen, Lab Front Office, Lab Laundry, Lab Tour dan Travel, Lab Komputer, Lab Perpustakaan, Internet Center dan Sarana Olahraga. AKPAR Denpasar memiliki jaringan kerja sama dengan lebih dari 1000 hotel dan biro perjalanan. adv