Apa Kata Mereka Tentang Remaja Merokok?

Monday, June 16th, 2014
testimony
Merokok bukan hak asasi karena saat Anda dilahirkan tidak membawa serta rokok dari kandungan ibumu. Soal merokok adalah soal pilihan tetapi bukan pilihan yang cerdas. Renungkan pepatah Latin ini,ratio docet, quid rebiendum fugeiendumque sit, akal budi mengajar apa yang harus disetang, apa yang harus dihindari.

Berikut ini  dari teman-temanmu tentang anak dan remaja merokok. Wayan Ainun Wildan Ula, Kelas XI SMA PGRI 2 Denpasar, remaja harus diberikan pengertian dan pemahaman tentang bahaya rokok sehingga mereka berhenti merokok. I Wayan Dedi Putra, Kelas XII SMAN 1 Sukawati, anak dan remaja merokok ibarat robohnya pilar-pilar masa depan bangsa. Made Nita Sintari, Kelas X SMAN 1 Denpasar, sungguh memprihatinkan, masa depan anak dan remaja masih panjang tapi mereka telah meracuni tubuh mereka sejak dini. Pikiran siswa yang telah diracuni rokok pasti kacau, malas belajar dan lain-lain. Alangkah baiknya meninggalkan rokok dan aktif pada hal-hal yang positif.

I Gusti Lanang Kharisma Wibhisana, Kelas XI SMAN 1 Denpasar, miris, remaja merupakan generasi penerus. Di usia muda tidak seharusnya mereka mulai merokok. Usia muda seharusnya diisi dengan kegiatan positif dan produktif. Zahwa Nur Indah Liswandari, Kelas X SMA Muhammadyah I Denpasar, bahaya rokok akan dirasakan sepuluh tahun ke depan. Jadi sebaiknya berhenti sekarang juga. Ni Nyoman Ayulita Andayani, Kelas XI SMAN 5 Denpasar, remaja yang merokok perlu perhatian khusus dari orangtua dalam keluarga dan pihak sekolah.

Luh Mery Wedayanti, Kelas XII SMAN 1 Gianyar, sungguh prihatin melihat remaja yang merokok sebab remaja yang merokok akan membawa dampak yang tidak baik bagi masa depan generasi muda. Mari pikirkan juga bagaimana cara mencegahnya. Ni Putu Sri Utami Dewi, Kelas XI SMAN 3 Denpasar, remaja yang merokok perlu diberi peringatan sejak dini karena remaja adalah generasi penerus. Mereka sebagian besar adalah korban lingkungan, mitos dan modernisasi. Jika generasi muda tidak sehat, bagaimana pemerintahan NKRI ini berkelanjutan?. I Putu Chandra Guna Krisna, Kelas XII SMAN 1 Abiansemal, anak dan remaja merokok merupakan korban dari lingkungan yang tidak sehat. Mereka meniru kebiasaan dari lingkungan sekitar yang merokok, termasuk orangtuanya sendiri.