Columbia University

Bisa Menjadi Pilihan
Wednesday, February 26th, 2014
columbia

Mau mengikuti jejak Cinta Laura kuliah di Columbia University? Mengapa tidak? Kalau Cinta Laura bisa mengapa teman-teman lain tak bisa? Hanya saja, perlu renungkan apa yang dikisahkan Cinta Laura berikut ini.

Kata dia, untuk menjadi mahasiswi atau mahasiswa di negeri pimpinan Barrack Obama itu harus super pintar dan punya kelebihan di bidang tertentu. Nah buat teman-teman yang merasa super pintar dan punya kelebihan tertentu, tentukan pilihan untuk studi di negeri paman Sam tersebut.

Columbia University didirikan tahun 1754 awalnya bernama Kings College dan berlokasi di New York. Universitas ini punya dua kampus utama, satu di kawasan Morningside Heights dan satunya di Washington Heights. Universitas ini punya tiga sekolah tinggi untuk S1, tigabelas jurusan pascasarjana dan sekolah profesi, dan sekolah studi lanjutan. Riset terdapat di jurusan kedokteran, sains, seni dan humaniora. Program akademisi ada di bidang seni dan sains, bisnis, kedokteran, jurnalistik, pekerjaan sosial, keperawatan dan kesehatan masyarakat.

Teman-teman bisa memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat. Adapun jurusan yang ada di Columbia University adalah Arsitektur dan Pembangunan, Bisnis dan Manajemen, Hukum, Humaniora, Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan, Ilmu Sosial dan Media, Ilmu Teknik, Kesehatan dan Kedokteran, MBA, Pendidikan dan Pelatihan, Perawatan diri dan Kebugaran, Seni Rupa Kreatif dan Desain .

Columbia University dianggap sebagai salah satu universitas paling prestisius di dunia, sebagai pemimpin dalam bidang ilmiah, humanitas, hukum, kedokteran, pendidikan, teknik sipil, dan bisnis. Universitas ini sudah mengoleksi 72 alumni pemenang Nobel.

Bagi teman-teman yang lolos ke Columbia University kalau mau melanjutkan ke jenjang pasca sarjana setelah meraih gelar sarjana, bisa memilih program pasca sarjana Sekolah Kedokteran Gigi, Sekolah Kedokteran dan Bedah, Sekolah Bisnis Columbia dan Sekolah Hukum Columbia. Juga Sekolah Jurnalisme Columbia, Sekolah Kesehatan Masyarakat Mailman, Sekolah Pasca-Sarjana Arsitektur, Perencanaan dan Pelsetarian dan Sekolah Pasca-Sarjana Seni dan Sains.

Selain itu ada School of International and Public Affairs dengan program; Master of International Affairs (MIA), Master of Public Administration (MPA), Program in Economic Policy Management (PEPM), Executive MPA, MPA in Environmental Science and Policy, PhD In Suistanable Development dan Dual Degree Programs. Juga Sekolah Perawat, Sekolah Pekerja Sosial dan Sekolah Seni.

Beberapa tokoh terkenal dunia adalah alumni dari universitas ini antara lain Presiden AS saat ini Barrac Obama,Isaac Asimov, Theodore Roosevelt, Franklin D. Roosevelt, Alexander Hamilton, Enrico Fermi, Paul Auster dan Mikhail Saakashvili, presiden Georgia. Dari Indonesia ada nama Azyumardi Azra, mantan rektor UIN Jakarta. vdbs