Dewa Ayu Ardikna Suari

Calon Polwan ke Paskibraka Nasional
Monday, August 6th, 2012
ardikna suari
HUT Ke-67 Proklamasi RI tahun 2012 ini membawa berkah bagi dara manis kelahiran Gianyar tepat pada hari pendidikan 2 Mei 1995. Betapa tidak, remaja berparas lembut ini berhasil menyisihkan 72 saingannya pada seleksi Calon Paskibraka bulan Mei 2012 lalu.

Dan pemilik nama lengkap Dewa Ayu Ardikna Suari ini pun melenggang ke Cibubur untuk mempersiapkan diri sebagai Paskibraka HUT Ke-67 Proklamasi RI di Istana Negara tanggal 17 Agustus 2012 mendatang. Siswi SMAN 1 Gianyar yang akrab disapa Dewa Ayu ini tidak sendirian ke Jakarta karena provinsi Bali harus mengirim sepasang remaja. Pasangannya yang juga lolos ke Jakarta adalah Gede Yoga Eka Pratama siswa SMAN 1 Kuta.

Siapa sosok Dewa Ayu itu? Ia adalah putri dari pasangan ayah Dewa Gede Sudiasa yang sehari-hari bertugas di Polres Gianyar dan ibu Gusti Ayu Taman Sari tinggal di Asrama Polres Gianyar. Saat ini Ayu baru saja naik kelas XII. Nah, ada syarat seleksi menjadi Paskibraka harus siswi Kelas X atau XI, kebetulan waktu bulan Mei saat Disdikpora Provinsi Bali menyelenggarakan seleksi Ayu memang tercatat sebagai siswi Kelas XI SMAN 1 Gianyar.

Alumni SMP Negeri 1 Gianyar ini juga dikenal memiliki sederet prestasi seperti juara 1 mewakili SMAN 1 Gianyar dalam pertandi­n­­gan Basket Porseni 2012, juara 3 Karate Kejurda Inkanas Bali II tahun 2011, juara 1 Karate Piala Kapolda Bali, juara III Basket Porprov mewakili Kabupaten Gianyar dan Paskibraka Kabupaten Gianyar 2011 yang berkesempatan membawa baki pada upacara senja atau penurunan bendera. Masih banyak prestasi Dewa Ayu yang tak bisa disebutkan satu persatu.

Rupanya pepatah ‘buah jatuh tidak jauh dari pohon’ berlaku juga bagi dara manis ini. Soalnya sang ayah polisi, Ayu sendiri bercita-cita jadi polisi wanita alias Polwan. Bagi Ayu cita-cita dan prestasi pasti akan diraihnya karena SMAN 1 Gianyar sangat mendukung para siswanya untuk berprestasi.Menurutnya proses seleksi Paskibraka tidak mudah dan dimulai dari sekolah, lalu di provinsi. Ayu bersyukur karena bisa mewakili Bali di ajang bergengsi, sebagai pasukan pengibar bendera pusaka di Istana Negara Jakarta. Dirinya mengaku tidak menyangka bakal lolos tapi Dewi Fortuna memang sedang berpihak padanya. Ia mengaku bangga mewakili Gianyar dan Bali ke ajang nasional terutama Gianyar yang sudah 16 tahun gagal masuk nominasi Paskibraka.

Apa kunci kesuksesanmu De Ayu sehingga bisa berhasil ke Paskibraka Nasional? Ayu mengaku rajin latihan dan dari Kabu­paten Gianyar juga menyiapkan pelatih khusus dari Denzipur. Selain itu rutin joging untuk meningkatkan kesehatan fisik dan yang tak kalah penting adalah persiapan mental.

Saat ini Ayu sudah bergabung dengan teman-teman dari seluruh Indonesia di Pusat Latihan Cibubur jakarta Timur. Dipastikan Ayu akan tampil pada detik-detik Proklamasi RI tanggal 17 Agustus mendatang. Ayu titip pesan untuk teman-teman, “Berprestasilah, jauhi pergaulan bebas karena hanya akan merugikan diri sendiri dan merusak nama baik keluarga. Ingat teman-teman, remaja adalah penerus bangsa, maka lakukan kegiatan-kegiatan positif demi pengembangan diri.” Bravo Ayu…! Kami dukung dengan doa, semoga bisa mengharumkan nama Bali.gus&ana