Disdikpora Gelar Try Out UN 2013

Wednesday, March 6th, 2013
drs
Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Badung melaksanakan pemantapan Ujian Nasional pada jenjang SMA dan SMK serta SMP mulai tanggal 26 Pebruari sampai dengan 1 Maret 2013. Diharapkan dengan Try Out ini para siswa mampu untuk lebih memantapkan kesiapan peserta didik dalam mengikuti ujian nasional baik secara materi maupun psikologis.

Kadisdikpora Badung Drs. I Ketut Widia Astika.MM di Puspem Badung menjelaskan ujian pemantapan ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan pihak sekolah di dalam mengadapi UN Utama yang akan digelar pertengahan bulan April 2013 mendatang.

Dikatakan pula bahwa dalam ujian pemantapan ini Pemerintah Kabupaten Badung mengalokasikan dana sebesar Rp.216.132.750,- dalam APBD 2013 yang pelaksanaannya mengikuti pola UN yang sebenarnya, seperti menerapkan 20 paket soal untuk setiap mata pelajaran, demikian juga dalam penyusunan materi soal yang dikerjakan oleh MGMP Kabupaten Badung mengacu pada kisi-kisi Ujian Nasional. “Dengan semakin banyak/sering siswa mendapat latihan, maka siswa akan semakin siap dan mantap serta memiliki keyakinan diri dalam mengikuti ujian nasional,” harapnya.

Ujian Pemantapan kali ini diikuti oleh 3.168 untuk siswa SMA, 3.113 siswa SMK dan 8.636 siswa SMP serta 9.959 untuk siswa SD. Untuk menjaga kelancaran dan menjamin pelaksanaan ujian pemantapan agar sesuai dengan POS yang telah diterbitkan. Disdikpora melakukan pengawasan super ketat, dimana setiap ruang diawasi oleh 2 orang pengawas ruang, demikian juga diturunkan seluruh pengawas sekolah dan petugas dari Disdikpora Kabupaten untuk memantau didalam pelaksanaanya. Mas/Gus