FK Unud Gelar Open House

Fakultas Unggulan yang Berkualitas
Monday, March 24th, 2014
mk

Sebagai institusi yang mengedepankan kwalitas, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) berusaha menjamin keterbukaan informasi termasuk kejelasan tentang proses rekrutmen, proses belajar mengajar dan berbagai informasi lain yang dibutuhkan masyarakat. Untuk memberikan informasi itulah FK Unud menggelar open house pada Kamis, 27 Februari 2014 di kampus Fakultas Kedokteran UNUD jalan PB Sudirman Denpasar.

Open House FK Unud adalah rangkaian kegiatan yang terdiri dari pameran pendidikan, pengenalan kegiatan kemahasiswaan dan diskusi antara pengelola fakultas dengan peminat FK Unud, baik siswa maupun orang tuanya. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kejelasan informasi dan memberikan gambaran secara utuh kegiatan pendidikan di FK Unud sehingga pilihan untuk masuk FK Unud merupakan pilihan cerdas yang dilakukan berdasarkan pertimbangan yang matang.

Peserta Open House yang terdiri dari siswa SMA peminat FK Unud, guru-guru pembina, orang tua calon mahasiswa dan semua kalangan yang tertarik akan informasi tentang FK Unud sangat antusias menggali informasi tentang FK Unud.
Saat ini FK Unud tidak hanya mengelola Program Studi Pendidikan Dokter tetapi ada juga program studi unggulan yaitu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan, Psikologi, Fisotherapy, dan Pendidikan Dokter Gigi.

“Kami juga memiliki 13 Program Studi Pendidikan Spesialis yaitu Patologi Anatomi; Anaesthesi dan Reanimasi; Bedah; Kebidanan dan Penyakit Kandungan; Kesehatan Anak; Penyakit Dalam; Kulit dan Kelamin; Mata; Saraf, Telinga, Hidung, Tenggorokan-Kepala dan Leher; Psikiatri; Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler; Ortopedi; dan Radiologi (Pendidikan Pendahuluan),“ ungkap Dekan FK Unud Prof. Dr. Dr. Putu Astawa, M.Kes, Sp.OT (k) saat pers conference 24 Februari lalu.

Gedung FK Unud yang berdiri dengan megahnya itu memberikan sarana dan prasarana sebagai penunjang pendidikan yang optimal. Terdapat 23 ruang kuliah, 62 ruang SGD, 3 ruang perpustakaan, 15 ruang Lab, 3 ruang IT/AVA, dan sebuah gedung Skill Lab. Kemudian ada pula Rumah Sakit Pendidkan Utama RSUP Sanglah dan rumah sakit Jejaring yang terdiri dari 9 RS Satelit (RSUD kabupaten dan kota madya) dan 2 RS Afiliasi (RS Indera dan RSJ Bangli) serta 36 Public Health Center di Bali. Fasilitas yang mendukung ditambah dengan dosen pengajar profesional memberikan pendidikan di Fakultas Kedokteran menjadi fakultas favorit di lingkungan Universitas Udayana, bahkan juga menjadi unggulan Universitas Udayana di tingkat nasional dan internasional. Jadi tak heran banyak peminat yang membanjiri ujian masuk FK Unud.
Masih terlintas di sebagian banyak orang bahwa kuliah di FK Unud biayanya pasti sangat mahal. Uang masuknya saja sudah pasti tak terjangkau. Namun tidak demikian halnya, siapa pun yang pintar dan lolos ujian masuk pasti akan menjadi mahasiswa FK Unud tanpa harus membayar dengan uang yang banyak itu. Pembiayaan di FK Unud juga sudah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan setiap semester.

Banyak beasiswa yang ditawarkan bagi mahasiswa FK Unud. Ada kurang lebih 28 beasiswa yang siap membantu biaya kuliah mahasiswa. Diantaranya beasiswa Supersemar, beasiswa PPA, B3m, Pemprov. Bali, Prof. I. B. Mantra (dengan atau tanpa biaya hidup), Prof. DR.I Gst.Ngoerah, Beasiswa Berprestasi Olimpiade Sains Inter., HPEQ, Beasiswa Emas PT.NNT, Beasiswa Dinas Kes. Prov. Bali, Beasiswa Panglima TNI, Beasiswa Yayasan Salim, Beasiswa Sobat Bumi (Pertamina), Beasiswa Pelayanan Kasih A&A Rachmat, Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa Afirmasi Papua, Beasiswa Supersemar Unggulan, Beasiswa Pemda Jembrana, Beasiswa BPR Lestari, Beasiswa EGC, Beasiswa PLN, Beasiswa Bakti BCA, Beasiswa KSE, Beasiswa Gudang Garam, Beasiswa Djarum, Beasiswa Yayasan Karya Salemba Empat (KSE), dan Beasiswa Bank Indonesia. Beberapa diantaranya, beasiswa Bidik Misi dan Beasiswa Prof. I. B. Mantra adalah beasiswa yang menanggung biaya perkuliahan sampai lulus dan memberikan biaya hidup kepada penerimanya. Saat ini ada sekitar 700-an mahasiswa FK penerima beasiswa. Semua mahasiswa FK Unud memiliki kesempatan yang sama untuk menerima beasiswa.