Gandeng YKIP Pemkab Gianyar

Bantu Siswa Kurang Mampu
Wednesday, February 26th, 2014
Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GN-OTA) Kabupaten Gianyar bekerjasama dengan Yayasan Kemanusiaan Ibu Pertiwi (YKIP) menggelar lokakarya bertajuk “Perencanaan Karir Kaum Muda”. Lokakarya berlangsung di Balai Budaya, (12/12/2013) lalu.

Lokakarya dihadiri oleh siswa dari keluarga tidak mampu dengan harapan setelah lulus nanti bisa mengambil keputusan dalam mengejar pilihan karir selanjutnya. Lokakarya ini diikuti 150 siswa tidak mampu dari sekolah negeri dan swasta yang ada di Kabupaten Gianyar. Siswa yang rata-rata dari sekolah pariwisata ini mendapatkan bimbingan dari konsultan YKIP asal Jakarta Handriatno Waseso. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi survey minat yang bertujuan mengetahui minat siswa terhadap beberapa bidang studi dan kesempatan kerja, diskusi dan sesi bincang-bincang mengenai pilihan. Juga sesi pengembangan soft skill dimana siswa belajar menyusun riwayat hidup dan surat lamaran kerja yang baik, termasuk tips mengenai bagaimana mempersiapkan diri menghadapi wawancara pekerjaan, serta berbagai ketrampilan dalam dunia kerja.

Ketua GN-OTA Gianyar yang juga Kadis Sosial Pemkab Gianyar Wayan Suardana menjelaskan, para siswa SMA/SMK dari keluarga tidak mampu terutama kelas XI dan XII kerap kebingungan dalam menentukan karir yang akan ditempuhnya setelah lulus,antara mencari kesempatan kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Dalam kasus dimana mereka memutuskan untuk melanjutkan pendidikan, mereka tidak mempunyai informasi yang cukup mengenai bidang studi dan jenjang pendidikan yang tersedia dan sayangnya sekolah tidak membekali para siswanya dengan informasi yang memadai untuk membantu mengambil keputusan dalam mengejar pilihan karir yang tepat.Melalui kegiatan ini diharapkan siswa memperoleh pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan dalam menentukan rencana mereka setelah lulus.

Direktur Operasional YKIP, Dian Assiddika menjelaskan, YKIP membantu siswa kurang mampu yang ada di Gianyar melalui bantuan pendidikan berupa beasiswa menyeluruh dan berkelanjutan agar dapat menyelesaikan pendidikan dasar 12 tahun. Sebagian besar siswa umumnya minim kesempatan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi melalui program beasiswa universitas dan diploma yang disediakan oleh YKIP karena jumlah beasiswa yang diberikan tidak sebanding dengan jumlah lulusan yang ingin melanjutkan pendidikan. v gus/hms