Gusti Ayu Ratih Candra Dewi Ulandari

Menggapai Karir di Dunia Penerbangan
Wednesday, June 6th, 2012
dewi
Menggapai karir di dunia penerbangan, inilah cita-cita yang dibangun oleh remaja penyandang nama Gusti Ayu Candra Dewi Ulandari ini. Kalau ternyata tak kesampaian, pilihan lain pun tak kalah menyenangkan, ingin berkarir sebagai receptionist di Hotel berbintang.
Remaja kelahiran Bangli 3 Maret 1996 ini memang sejak dini sudah membangun cita-cita, berkarir di dunia penerbangan. Baginya dunia pe­nerbangan sangat menyenangkan, apalagi kalau bisa menjadi pramugari, bisa terbang dan melanglang buana ke negeri mana saja. Tidak takut terbang dengan pesawat? Jawabannya, kalau sudah ada cita-cita, ada niat dan ada minat, rasa takut bisa dikalahkan.

Tapi, bagaimana kalau cita-citamu berkarir di dunia penerbangan tak kesampaian, adakah pilihan lain? Gadis yang akrab disapa Dewi ini mengatakan, ada pilihan lain yakni berkarir sebagai resepsionis di hotel berbintang. Ini juga karir yang menyenangkan, sekaligus menjanjikan.

Putri kesayangan pasangan I Gusti Putu Mangkuyasa dan Gusti Ayu Ketut Buntrini ini memang penuh semangat mempersiapkan diri melalui pendidikan. Alumni SMP Negeri 2 Gerokgak ini termasuk siswi yang cukup berprestasi di sekolahnya SMK Negeri 2 Singaraja. Siswi kelas X P1 ini pernah ikut lomba gema biologi (LBG) di Undiksha tahun 2011 dan pernah ikut cerdas cermat tahun 2008 serta sering meraih predikat sebagai bintang kelas. Di bidang non akademik ia juga mencatatkan prestasinya di bidang seni tari. Ia adalah juara pertama tari kreasi 2011 dan selain itu sering mengikuti lomba kepramukaan.

Bagi Ratih selama ia bersekolah di SMK merasa bahagia karena menurutnya masa-masa SMA adalah masa peralihan dari remaja menuju dewasa. Jadi diakuinya banyak hal yang ia temui sangat menyenangkan. Apa lagi di SMK ia bertemu dengan para guru yang ramah. Mereka semua mengerti dengan keadaan para siswa-siswinya yang sedang beranjak dewasa. Para guru selalu menasehati para siswa-siswi agar kelak sukses dan bisa meraih apa yang dicita-citakan.
Saat ini ia sedang mengikuti Ujian Kenaikan Kelas dan berharap agar bisa naik ke kelas XI sekaligus bisa memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat. Kalau sudah di kelas XI memang harus selalu siap untuk menghadapi Ujian Nasional. Menurutnya menyiapkan diri untuk ujian na­sional bukan tunggu nanti di kelas XII tapi mulai di kelas X. Ujian nasional pasti menegangkan dan tak bisa dibayangkan kalau tidak lulus. Makanya, menurut Ratih, dirinya akan benar-benar siap agar bisa sukses di Ujian Nasional nanti.

Tentang kaum remaja masa kini, Ratih mengakui, remaja sekarang beda dengan jaman dulu. Remaja masa kini banyak yang labil. Rasa ingin tahunya besar bahkan cenderung menyalahgunakan kebebasan. Rasa ingin tahu terhadap hal-hal yang negatif akhirnya menjadi bumerang yang merusak diri sendiri. Ratih berharap teman-teman remaja lebih aktif dalam berprestasi daripada melakukan kegiatan-kegiatan yang merugikan dan membunuh masa depan.
Nah, bagi teman-teman yang mau berkenalan dengan Ratih, silahkan kontak via SMS sesuai ketentuan disamping ya. Tentu saja untuk persahabatan yang saling membangun, saling memotivasi, saling mendukung untuk bersama-sama meraih cita-cita. gus&ana