Gusti Ngurah ‘Arya Bayu’ Permadi

Putra Remaja PMI Nasional 2011 “Bahwa hidup ini bukanlah untuk ambisi, melainkan dedikasi”
Monday, September 12th, 2011

arya bayu
Berpetualang dari satu lomba ke lomba lainnya, mengisi hari-hari dari satu kegiatan ke kegiatan berikutnya dan menyibukkan diri pada satu organisasi ke organisasi lainnya, membuat remaja ini merasa hidupnya penuh warna dan sarat makna.

 

Arya Bayu, siapa yang tidak mengenal remaja berdarah Bali-Jawa yang satu ini. Bukan hanya siswa SMA Negeri 1 Melaya, tetapi banyak pula siswa dari SMA se- Jembrana, bahkan SMA di kabupaten lain se- propinsi Bali yang mengenal akrab remaja yang lahir di Melaya, sebuah desa kecil di pesisir pantai berpasir gelap di Bali Barat, 24 Maret 17 tahun silam.

Bagaimana tidak? Berbagai organisasi aktif diikuti oleh siswa XII IPA1 yang bernama lengkap Gusti Ngurah Arya Bayu Permadi ini, baik di kabupaten maupun propinsi. Posisinya sebagai Pimpinan Umum majalah sekolah Romansa, Ketua Talent English Club SMA SAYA (SMA 1 Melaya), Ketua Pramuka Saka Wana Bakti, Ketua Forum Remaja Palang Merah Indonesia (FORPIS) dan Satgas Remaja Jembrana, hingga jabatan organisasi bertaraf provinsi seperti Ketua Hindu Student Journalist Club, Dewan Penasehat Siswa Hindu Indonesia (Shindu), Koordinator Pendidikan dan Pengembangan Forum Anak Daerah (FAD) dan Koordinator Pendidikan dan Pelatihan Kader Pelestari Budaya (KPB) Propinsi Bali, membuatnya selalu berhubungan dan bekerja sama dengan siswa-siswa dari Jembrana maupun kabupaten-kabupaten lain.

Putra kedua dari pasangan I Gusti Putu Suara dan Parmiati ini selalu memanfaatkan peluang yang ada. Ambil setiap kesempatan yang ditawarkan, karena kesempatan tidak akan datang dua kali, itulah konsep yang dipakainya sebagai dasar dalam bertindak. Maka berbagai lombapun diikutinya. Tak heran jika begitu banyak piala yang dipersembahkannya untuk SMA SAYA baik perorangan maupun beregu.

Prestasi perorangan diantaranya : Juara I Putra Remaja PMI Tk. Nasional 2011, Juara II Menulis Cerpen Remaja Tk. Nasional 2010, Finalis Pemimpin Muda Indonesia 2010, Juara I English Speech Contest Tk. Regional Se Jawa Timur- Bali 2011, Juara I Putra Taksaka Tk. Propinsi Bali 2011, Juara I Remaja Berbudi Pekerti Tk Propinsi Bali 2010, Juara I Teruna PMR Tk. Propinsi Bali 2010, Juara I Design Pin PMI Tk. Propinsi Bali 2010, Juara II Menulis Cerpen Remaja Tk. Propinsi Bali 2010, Juara II Olympiade Komputer Tk Kabupaten Jembrana 2011, Juara I English Speech Contest Tk. Kabupaten Jembrana 2010, dan Juara III Menghafal Sloka Tk. Kabupaten Jembrana 2010.

Prestasi beregu diantaranya: Juara III Kording Pers Akademika Udayana 2011, Juara I Kording Siswa Hindhu Indonesia Tk. Propinsi Bali 2010, Juara II Majalah Sekolah Tk Propinsi Bali 2010, Juara II Kording Fak Kedokteran Mahasaraswati 2010, dan Juara III Kording Pers Akademika Udayana 2010

Keberhasilannya menjadi Juara I Putra Remaja PMI pada Jumbara PMI tingkat Nasional di Gorontalo bulan Juli lalu dan segudang prestasi yang berhasil diraihnya tidaklah membuat pecinta seni ini tinggi hati dan lupa diri. Baginya semua keberhasilannya bukan hanya karena prestasi pribadi, melainkan berkat bimbingan, bantuan dan dukungan keluarga, guru maupun teman-temannya. Selalu diakuinya bahwa dibalik keberhasilannya selalu ada orang lain yang menuntun langkah dan mendorong semangatnya.

Tugas baru yang diembannya setelah mengikuti pelatihan Kesehatan Reproduksi Remaja di Propinsi yaitu menjadi konselor sebaya bagi para remaja baik melalui facebook maupun telepon. Dari berbagai kegiatan inilah dia mengasah kepekaan sosialnya untuk lebih peduli dan mau berbagi dengan anak-anak yatim piatu, anak-anak cacat, dan remaja-remaja yang mempunyai problem pribadi maupun keluarga.

Bila banyak orang menganggap terjun di organiasi sosial tidak akan bisa memberikan jaminan hidup saat dewasa, maka penggemar fotography ini justru memandang dari sisi yang berbeda. Bergabung dengan PMI, FAD, KPB dan Shindu menempanya untuk menggali banyak pelajaran yang akan memperkuat kepribadiannya untuk menapak masa depan. Belajar untuk lebih mencintai dan memperhatikan alam, lebih mensyukuri keadaan, lebih “legowo” menerima segala peristiwa yang dialami, serta lebih dalam dan tulus dalam sujud menyembah bakti pada Sang Pencipta.

Pengalamannya ketika terpilih menjadi delegasi Bali untuk mengikuti Kongres Anak Nasional di Jakarta mempertemukan Duta Anak Persahabatan Bali 2009 ini dengan ratusan anak dari seluruh propinsi di Indonesia dan membuatnya makin sadar bahwa begitu banyak anak-anak Indonesia yang berprestasi. Hal itu pula yang memberinya inspirasi untuk membuat Blog KASWARI. Blog ini dipersembahkannya untuk seluruh anak dan remaja Indonesia, sebagai wadah komunikasi dan kreasi.

Bagi penyandang gelar The Inspiring Teenager ini, hidup bukan hanya untuk ambisi, melainkan sebuah dedikasi. “Hargai kelebihan orang lain dan sadari kekurangan diri. Terimalah keberhasilan dan kegagalan sebagai karma dan pahala, nikmati suka dan duka seperti aliran air di sungai berbatu yang akhirnya mencapai muara jua. Dan yakinlah satu hal, Tuhan akan membuat semua indah pada waktunya”, ujarnya penuh optimis.