Institut Teknologi Bandung (ITB)

Siap Selenggarakan SNMPTN 2014
Wednesday, February 26th, 2014
ITB
Institut Teknologi Bandung (ITB), didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia. Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB.

Gagasan mula pendirian ITB dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang menjadi sulit karena terganggunya hubungan antara negeri Belanda dan wilayah jajahannya di kawasan Nusantara, sebagai akibat pecahnya Perang Dunia Pertama. De Techniche Hoogeschool te Bandung berdiri tanggal 3 Juli 1920 dengan satu fakultas de Faculteit van Technische Wetenschap yang hanya mempunyai satu jurusan de afdeeling der Weg en Waterbouw. Didorong oleh gagasan dan keyakinan yang dilandasi semangat perjuangan Proklamasi Kemerdekaan serta wawasan ke masa depan, Pemerintah Indonesia meresmikan berdirinya Institut Teknologi Bandung pada tanggal 2 Maret 1959.

Para alumni ITB Bandung banyak yang menjadi orang ternama. Sebut saja, mendiang presiden pertama RI Ir. Soekarno, Aburizal Bakrie, Ginanjar Kartasasmita, Sarwono Kusumaatmaja, Romo JB Mangunwijaya adalah alumni dari ITB. Dari Bali misalnya seniman I Nyoman Nuarta yang membuat patung Garuda Wisnu Kencana juga alumni ITB. Selain itu Menteri ESDM Jro Wacik juga tercatat salah satu alumni ITB.

Tahun 2014 ini ITB sebagai salah satu perguruan tinggi negeri juga siap melaksanakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 mulai bulan Februari sampai Mei 2014. Proses SNMPTN 2014 di ITB juga akan memenuhi prinsip adil dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.

Pada penyelenggaraan SNMPTN 2014, ITB menjadi salah satu dari 62 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mengikuti proses seleksi nasional ini. Seperti pada tahun 2013 yang lalu, ITB membuka pendaftaran untuk 12 fakultas yaitu; Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), Sekolah Farmasi (SF), Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Fakutas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM).

Dalam melakukan penyaringan calon mahasiswa baru, ITB tetap mengikuti prinsip seleksi pada SNMPTN 2014 dengan mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor, prestasi-prestasi akademik lainnya dan hasil ujian nasional, memperhitungakn rekam jejak kinerja sekolah serta menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh ITB secara objektif, adil dan akuntabel, sehingga daya tampung tidak harus terpenuhi. Bagi teman-teman yang ingin mendaftar silahkan lihat informasinya di halaman snmptn.ac.id. vthr