Luh Bella Pradnyaswari

Berprestasi Berkat Hobi Menulis
Monday, July 15th, 2013
bella-cover

Click to Read

Menuangkan isi hati ke dalam sebuah tulisan merupakan sebuah kepuasan bagi dara cantik kelahiran Undisan, Bangli  17 Juli 1996 ini. Menurutnya, dengan menulis dapat mengeksplore pikiran dan perasaannya menjadi ‘sesuatu’, dan melalui tulisan dia belajar berbagi  ‘how it feels’.

Luh Bella Pradnyaswari, siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bangli ini sangat menyukai menulis. Hobi menulis inilah yang membawanya ke berbagai prestasi karya tulis ilmiah. Bella, begitu ia kerap disapa sangat sering mengikuti berbagai ajang lomba karya tulis untuk memperdalam bakat menulisnya. 

Berbagai penghargaan karya tulis yang pernah diraih oleh putri pasangan I Made Suyadnya dan Luh Bidari antara lain, Juara Harapan 1 Lomba Karya Ilmiah Tingkat Provinsi pada tahun 2012, Juara 2 Lomba Karya Ilmiah Tingkat Kabupaten tahun 2012, Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah tema Geopark tahun 2013.
Bella yang bercita-cita menjadi Bidan ini mengakui bahwa semua prestasi yang diraihnya tidak terlepas dari dukungan sekolah dan guru pembinanya. “Di sekolah ada kegiatan extrakurikuler karya ilmiah. Biasanya jika sudah menemukan suatu masalah untuk dijadikan bahan penelitian, kami langsung mendiskusikannya dengan guru pembina,” tutur Bella. Tapi dengan keterbatasan fasilitas yang ada, Bella mengakui ada bebe­rapa kesulitan untuk bersaing dengan sekolah di kota. Namun hal itu, tidak serta menyurutkan semangatnya. Sebuah kebanggaan tersendiri ba­ginya saat mampu mengungguli tim langganan juara pada beberapa lomba karya tulis ilmiah.

Selain menyukai tulis-menulis, lulusan SMP Negeri 1 Bangli ini juga sangat menyukai kegiatan berorga­nisasi. Menurutnya, dari organisasi kecil dapat membantu membentuk karakter remaja. Bella yang aktif sebagai pengurus sekaha teruna di desanya ini prihatin dengan pergaulan remaja yang cenderung bebas sekarang ini. Baginya lingkungan sekaha teruna dapat merangkul remaja untuk ke arah kegiatan yang lebih positif dibandingkan hanya nongkrong-nongkrong saja. Jadi dapat menjadi bekal menyiapkan diri untuk berbaur di lingkungan masyarakat luas nantinya.

Di lingkungan sekolah Bella aktif sebagai Ketua Sie 3 periode 2012-2013, padahal biasanya yang memegang posisi ini adalah siswa laki-laki. Ternyata kedisiplinan yang diperolehnya dari Sang Ibu yang berprofesi sebagai pns polri. Bella pun tercatat sebagai peserta aktif, Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS SMA tingkat Nasional, mewakili Provinsi Bali tahun 2013.

Bella juga terpilih sebagai Peserta dengan peringkat kecakapan No 4 dalam Pendidikan Kesadaran Bela Negara pemuda tingkat Nasional, Mewakili Provinsi Bali tahun 2013 pada Pusdikpassus Batu Jajar, Bandung. Jadi, dalam hal baris-berbaris kemampuan Bella juga tidak diragukan lagi. Mantan Pasukan Paskibraka Kabupaten Bangli ini kini menjadi pengurus Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Bangli dengan jabatannya sebagai Bendahara II.
Paras manis dan kemampuan intelligent Bella juga menjadi modal utama Bella dalam ajang pemilihan putri sekolah. Bella pernah terpilih menjadi Putri SMANICHI pada tahun 2012. Dan teranyar Bella menyabet gelar Runner-up I pada ajang Pemilihan Jegeg Bagus Bangli 2013.

“Saya sangat suka mengikuti berbagai lomba. Jika memang ada kesempatan dan peluang, kita harus memanfaatkannya dan berusaha semaksimal mungkin,” ucap Bella penuh semangat. Terbukti, selain dengan sederet prestasi tadi Bella juga pernah terpilih sebagai Finalis Lomba Bali Logic and Computer Competition IV (BLCC IV), tahun 2011 dan tercatat sebagai peserta Senam Pramuka II Tingkat Pramuka Penggalang Putri se-Kwartir Daerah Bali, tahun 2009.
Nah, IMOB youngster yang ingin kenal lebih dekat dengan Bella me­lalui tulisannya bisa jelajah ke blog bellapradnyaswari.wordpress.com.