Lulus SMA Kuliah ke Jepang, Why Not??

Tuesday, March 5th, 2013
JEPANG
IMOB Youngster yang akan lulus tahun ini, tentu sudah punya angan-angan akan melanjutkan studi kemana. Masuk PTN favorit atau bermimpi kuliah di luar negeri? Jepang, dengan perkembanan teknologinya yang canggih namun tetap menjaga budaya dengan baik menjadikannya sebagai salah satu Negara favorit tujuan studi. Apakah IMOB Youngster ada yang berangan-angan melanjutkan kuliah ke Jepang? Mungkin kok... Ikuti saja beasiswa Mitsui-Busan berikut.

Program beasiswa Mitsui-Busan menanggung studi kandidat sampai tahun 2019. Pasalnya, beasiswa ini meliputi studi selama 4 tahun di Jepang plus persiapan selama 1,5 tahun untuk mempersiapkan kandidat dengan kemampuan bahasa Jepang di Japanese Language School.

Jadi, jika tak bisa bahasa Jepang, jangan khawatir. Karena selain persiapan bahasa selama 1,5 tahun di Jepang, sebelum berangkat, penerima beasiswa akan menerima pelatihan selama dua bulan di Indonesia mengenai bahasa Jepang, budaya, sejarah dan kehidupan di Jepang.

Beasiswa ini meliputi tunjangan hidup sebesar 145.000 yen  per bulan selama 5,5 tahun, tiket pulang-pergi Indonesia-Jepang, tunjangan kedatangan sebesar 50.000 yen, biaya kursus bahasa, dan asuransi.

Program beasiswa ini diperuntukkan untuk para kandidat asal Indonesia yang sudah atau baru akan lulus SMA dan berusia kurang dari 20 tahun pada tanggal 12 April 2013. Untuk mendaftar, kandidat juga harus direkomendasikan oleh Kepala Sekolah SMA asal kandidat.

Kandidat dapat memilih jurusan di perguruan-perguruan tinggi favorit di Jepang, seperti Universitas Tokyo, Intitut Teknologi Tokyo, Universitas Keio, dan Universitas Waseda. Bidang studi yang ditawarkan dibagi ke dalam dua bidang besar, yaitu Ilmu Pengetahuan dan Teknik serta Ilmu Sosial, Bisnis dan Niaga. Program studi yang ditawarkan bisa dilihat di laman resmi Perhimpunan Alumni Indonesia dari Jepang (Persada), http://www.sadanet.or.id/ind/.

Nah, jangan dilewatkan ya IMOB youngster…! Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 11 Maret 2013 dan ditutup tanggal 12 April 2013. Formulir aplikasi dan kelengkapan dokumen bisa dikirimkan ke:
Persada c/o Kampus Universitas Darma persada (Unsada)
Jl. Radin Inten II (Terusan Casablanca)
Pondok Kelapa, Jakarta Timur 13450
Indonesia
Telp: (021) 8647373
Fax: (021) 86900241  dbs