Mini Ensiklopedia

Wednesday, February 26th, 2014
Cabang Terkecil pada Paru-paru
Pipa udara besar di paru-parumu berabang-cabang semakin lama semakin kecil sampai akhirnya ada cabang setipis rambut. Pada ujung cabang terkecil terdapat sekelompok alveoli, kantong-kantong kecil yang terlihat seperti seuntai anggur. Pada kantong-kantong inilah oksigen diambil oleh darah. Ada lebih dari 300 juta kantong semacam ini di paru-parumu.

Mencerna Roti

Ambil sepotong roti tawar dan taruh di dalam mulutmu. Kunyahlah beberapa menit sebelum menelannya. Pada mulanya roti tidak terlalu berasa, tetapi setelah dikunyah beberapa saat roti menjadi manis. Ini karena ludah dalam mulut mengandung enzim (bahan kimia untuk mencerna makana) yang mencerna karbohidrat dalam roti dengan mengubahnya menjadi gula.

Timbulnya Rasa Lapar

Baik saat terbaring atau berdiri, terlelap atau terjaga, tubuhmu terus menggunakan makanan yang kamu makan dan cerna. Setelah dicerna, makanan dibawa ke seluruh sel tubuh oleh darah. Saat gizi dalam tubuh berkurang karena digunakan oleh sel, otak mendeteksi penurunan jumlah zat-zat ini dalam darah. Saat itulah kamu merasa lapar dan harus makan lagi.

Tulang
Waktu kamu lahir, kamu memiliki lebih dari 300 tulang. Beberapa tulang saling menyambung ketika kamu tumbuh. Begitu dewasa, kerangkamu hanya memiliki 206 tulang.

Mimpi
Mimpi adalah tampilan alam bawah sadar kita saat tertidur. Dalam mimpi kita melihat pantulan keseharian yang kita lakukan. Orang buta juga dapat bermimpi seperti kita. Tapi karena mereka tidak dapat melihat bentuk dunia yang kita lihat, mimpinya tidak sama dengan mimpi kita. Orang buta mimpinya berupa suara, rabaan, maupun getaran.

Sinar Laser
Sinar laser digunakan untuk melihat pergerakan kulit bumi. Ini dapat menunjukkan akan terjadi gempa atau tidak. Para ilmuan mengukur jarak antara bumi dan bulan dengan menembakkan sinar laser ke bulan, lalu mengukur berapa lama sinar laser memantul kembali ke bumi.

Cahaya

Cahaya bergerak dengan kecepatan 300.000 km per detik. Sinar matahari hanya membutuhkan waktu 8 menit untuk mencapai bumi. v