Naomi Susan

Menerobos Bisnis Dengan Mimpi dan Ambisi
Saturday, June 25th, 2011

 

buk naomi
Bagi Naomi Susan, wanita 35 tahun ini, suksesnya di bisnis karena ia punya ambisi dan punya mimpi. Tetapi lebih dari itu ia punya bekal pendidikan yang mumpuni.

 

Karier bisnisnya melampaui wanita seusianya. Berbagai penghargaan sebagai pengusaha sukses direngkuhnya.Sejak 1997, ia pemegang saham, investor aktif, pemilik Ovis Group. Naomi Susan juga menjadi direktur di tujuh perusahaan dari sekitar sembilan bidang usaha di Ovis Group.

Naomi Susan atau yang dikenal juga dengan singkatan namanya NS ini, mengalami pula proses jatuh bangun sebelum meraup sukses. Namun, dengan ambisi dan mimpinya, ia menerobos menjadi pebisnis tangguh. Kini 14 tahun sudah NS menjalankan berbagai usaha seperti jual-beli properti, salon, restoran, sampai pesawat carter. menurutnya bagi yang masih berpikir akan mulai, baru mulai atau sudah mulai usahanya, jika ingin komit sebagai entrepreneur mesti tetap keep on running (jangan pernah berhenti). Yang tidak siap atau belum siap lebih baik jangan. Sebab faktanya banyak orang mau mendengar iya, menyimak iya tapi melakukan tidak. Selanjutnya kalau sudah terjun di dunia usaha jangan pernah berhenti.

Di hadapan peserta seminar yang terdiri dari mahasiswa, dosen, masyarakat umum dan pengusaha ini, NS menyampaikan apa pun usaha yang dilakukan harus di rencanakan dan punya tujuan. Harus pula dijadwalkan menghasilkan yang sama. Dengan konsep duplikasi, jika usaha kita membeli ruko maka harus melahirkan ruko berikutnya. Namanya tercatat dalam Muri sebagai pembelipertama komputer notebook berlapis emas dan bertahtakan berlian.

Ternyata Naomi Susan juga bisnis nasi bungkus, lebih tepatnya jualan nasi bungkus.Ini karena ia sendiri suka makan nasi bungkus Bali, karena rasanya enak, ia ingin membuatnya dan menjualnya di Jakarta. Dimulai dengan 10 sepeda, Naomi Susan menjalankan usaha berjualan nasi Balibung (diambil dari kata nasi bungkus Bali), di kompleks perumahan Citra Raya. Ternyata hasilnya menakjubkan. Banyak yang suka. Omzet penjualan per bulan merangkak terus. Dari ratusan juta hingga mencapai Rp 1 miliar perbulan. Dan kini omsetnya sudah puluhan miliar.

Dalam bisnis, kuncinya adalah simpel, pasarnya luas dan murah serta mudah diduplikasi dengan cepat. Ditambah lagi ada kemauan dan tidak gengsi. Pengusaha juga mesti punya karakter dan sikap yang kuat, pantang menyerah, menjunjung tinggi komitmen, tidak suka berjanji, mudah bergaul, selalu mau belajar, melakukan sesuatu dengan tulus, loyal terhadap sesuatu, serta menghargai semua orang.

Kunci sukses lainnya yang juga menjadi pedomannya sebagai pengusaha, yakni 4K, kemauan, kemampuan, kesempatan, dan keberuntungan. Kemauan, berarti saya mau, saya punya mimpi, saya mau menjadikannya nyata. Mimpi jadi motivasi untuk berhasil. Kemampuan, saya tahu saya pintar, bukan merasa pintar karena banyak orang yang lebih pintar. Saya tahu saya pintar dan punya kemampuan di ‘mulut’, inilah yang saya asahdan pertajam dengan sekolah bidang komunikasi. Kesempatan,umumnya datang dari teman-teman kita.Keberuntungan, sesungguhnya lebih kepada siap dengan kesempatan. Redaksi