Ni Kadek Santhi Maharani

Si Penyiar Radio & MC Berprestasi
Monday, January 20th, 2014
santhi

Click to Read e-Magazine IMOB Educare


Sebagai komunikator, seorang penyiar mengemban tugas untuk mengomunikasikan informasi kepada pendengar. Bagi sebagian orang menjadi penyiar adalah profesi yang sangat menyenangkan. Namun siapa sangka, untuk menjadi seorang penyiar radio (announcer), tidak cukup jika hanya bermodalkan suara yang bagus saja. Tentu, suara bagus pun harus ditunjang dengan kemampuan (capability), keterampilan (skill) dan kreativitas.

Kemampuan itulah yang dimiliki oleh Ni Kadek Santhi Maharani. Gadis kelahiran Denpasar, 14 September 1996 ini sudah mampu menjadi penyiar di usia yang masih belia. Adalah program Music Duta dan MP3 Duta di Radio Duta FM Denpasar yang sejak 2012 lalu hingga sekarang menjadi lahan untuk menumbuhkan bakat dan kemampuannya sebagai penyiar. Sebelumnya, gadis yang sering disapa Santhi itu menjadi penyiar di Cassanova selama 6 bulan pada tahun 2011.

Buah hati dari pasangan I Wayan Artina dan Ni Made Soli ini juga memiliki kepercayaan diri sebagai Master of Ceremony yang dibuktikan dengan menjadi juara 2 SMA/SMK Kota Denpasar tahun 2013 lalu. Dan di beberapa event Santhi telah membawakan acara dengan sangat baik. Selain itu, gadis yang tercatat sebagai siswa kelas XII jurusan Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Denpasar ini memiliki daftar prestasi yang membanggakan.

Prestasi teranyarnya yaitu juara 1 Lomba Presenter Berita dan Reportase SMA/K Provinsi Bali. Alumni SMP Ganesha Denpasar ini juga mengalahkan pesaingnya dan meraih juara 2 Lomba Presenter Berita Kategori Umum tingkat Provinsi Bali yang diadakan oleh Teruna-teruni Denpasar. Juara 2 Spot Iklan Radio RPKD juga diraihnya tahun 2013 lalu. Santhi yang dikenal aktif di sekolah ini juga pernah mengikuti LKS Bela Negara Provinsi Bali, Lomba Remaja Berbudi Pekerti SMA/K Provinsi Bali, dan Lomba Puisi PSR Kota Denpasar mewakili sekolahnya.

Dara cantik yang pernah menjadi salah satu pemain sinetron di Dewata TV saat SMP dulu, memiliki hobby menyanyi dan public speaking. Menurutnya public speaking adalah kunci utama dalam pekerjaan. Pekerjaan apapun pasti mewajibkan untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Jadi public speaking sebagai hobby akan memudahkannya dalam memasuki dunia kerja nantinya. Public Relation dan News Presenter menjadi cita-cita Santhi. Dengan melihat sederet prestasi dan kemampuan Santhi, bukan tidak mungkin cita-cita itu akan diraihnya. Suport selalu diberikan oleh kedua orangtuanya, terlebih oleh ayahnya untuk terus meraih prestasi demi mencapai cita-citanya.

Saat ditanya mengenai sekolahnya, gadis yang tinggal di Jalan Tegalwangi Gang Kelapa 1 No 4E Sesetan ini mengaku sangat bangga dan beruntung dapat bersekolah di SMK N 3 Denpasar. Terutama saat pihak sekolah dan teman-temannya selalu mendukung dan memberikan info mengenai lomba atau event yang mungkin bisa diikutinya. Oleh karena itu, Santhi dapat menorehkan prestasi untuk sekolahnya.

Ujian Akhir Nasional merupakan salah satu langkah yang harus ditempuh siswa dalam akhir tingkat sekolahnya guna mengukur kemampuan siswa. Asalkan diimbangi dengan usaha keras dan doa, UAN pasti bisa dihadapi dan memberikan hasil yang terbaik. Itulah yang menjadi pendapat Santhi mengenai UAN.

Menurut pandangan Santhi, kaum remaja saat ini adalah kaum remaja yang sedang memasuki dunia globalisasi. Oleh karena banyaknya trend yang sedang berkembang dan kaum remajalah yang sangat lebih awal mengikuti perkembangannya. Banyak remaja yang mendapatkan hal-hal positif dari adanya perkembangan tersebut seperti kaum remaja yang sudah memiliki penghasilan dengan memanfaatkan teknologi yang dimilikinya, misalnya saja bisnis online.
Moment tahun baru adalah saat yang tepat untuk melakukan yang terbaik dan mewujudkan mimpi yang belum terwujud dengan berusaha lebih keras. Itulah yang ada dalam benak Santhi agar di tahun yang baru ini dirinya dan teman-teman semua memiliki motivasi untuk selangkah lebih maju. *srl