Pameran & Lomba Stand DAKU!

Tuesday, February 7th, 2012

 

stand daku
Sabtu 21 Januari 2012 Rumah Pintar Kota Denpasar di Jalan Kamboja Denpasar tampak ramai. Hari itu KISARA (Kita Sayang Remaja) PKBI Bali menggelar acara pameran bertajuk DAKU! (Dunia Remajaku Seru) mengenai kesehatan reproduksi dan seksual remaja serta lomba stand pameran. Kegiatan berlangsung dari jam 10.00 sampai 14.00 Wita.

 

Pameran dan lomba stand DAKU! diselenggarakan sebagai upaya menjelaskan banyak hal mengenai remaja mulai dari bagaimnana mengenal dirinya sendiri hingga mengenal lingkungannya dan bahkan bagaimana merumuskan tujuan hidupnya ke depan. Hal ini perlu dilakukan mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat berdampak pula terhadap kehidupan remaja sehingga perlu dilakukan pendekatan agar perkembangan teknologi tidak berdampak negatif terhadap mereka.

Menurut pimpinan DAKU! Bali Anak Agung Novianti S, DAKU! (Dunia Remajaku Seru!) merupakan modul komprehensif yang menitikberatkan pada kebutuhan remaja atas informasi mengenai kesehatan reproduksi dan seksualitas ini dibuat oleh WPF atau World Population Foundation. Sejak 2006, di Bali telah terdapat 21 sekolah yang tergabung dalam program DAKU! ini dan telah melaksanakan kelimabelas bab yang terdapat di dalamnya dengan difasilitasi oleh guru-guru dari sekolah tersebut secara langsung. Kedua puluh satu sekolah tersebut adalah SMAN 1 Denpasar, SMAN 2 Denpasar, SMAN 3 Denpasar, SMAN 4 Denpasar, SMAN 5 Denpasar, SMAN 6 Denpasar, SMAN 7 Denpasar, SMAN 8 Denpasar, SMAN 1 Tabanan, SMAN 1 Sukawati, SMA/SLUA Saraswati, SMA Dwijendra, SMA Harapan, SMK Harapan, SMA Santo Joseph, SMA Kertha Wisata, SMK Kertha Wisata, SMK Rekayasa, SMA PGRI 4, SMKTI Bali Global dan SMA Dyatmika

Sebagai salah satu output dari proses implementasi DAKU! ini adalah pameran hasil karya siswa - siswa yang telah mempelajari DAKU! tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah agar siswa yang telah melaksanakan proses implementasi DAKU! dapat mengeluarkan kreativitas mereka dalam bentuk karya-karya yang dipamerkan kepada siswa-siswa lainnya yang tidak mendapatkannya dan sebagai proses evaluasi hasil belajar DAKU!.

Pada Kegiatan DAKU! ini, stand pameran favorit yang dipilih oleh para pengunjung yang berasal dari siswa SMA/SMK Kota Denpasar dan stand pameran terbaik yang dipilih oleh juri yang ditentukan oleh panitia. Para juri stand pameran dipercayakan kepada I Ketut Sukanata,SH dari PKBI Bali, Yahya Anshori dari KPA Bali dan Ni Nyoman Tripitasih S.Pd, Pimpinan Umum Tabloid IMOB Educare. Kegiatan lainnya adalah lomba film pendek dengan tema pacaran berdurasi 10 menit. Juri lomba film pendek ini adalah dr. Oka Negara, Rudianto Ridwan dan Lina PW. Acara pendukung antara lain stand ramalan dan stand konsultasi. Hasil kegiatan, untuk juara stand pameran terbaik dimenangkan oleh SMAN 3 Denpasar, juara kedua SMA PGRI 4 Denpasar dan juara ketiga SMK TI Bali Global. Sedangkan untuk Juara stand favorit, pilihan pengunjung adalah SMA PGRI 4 Denpasar. Pada Lomba film pendek dimenangkan oleh SMAN 4 Denpasar, juara kedua SMKTI Bali Global, dan juara ketiga SMA PGRI 4 Denpasar.