Penemu Kartu Kredit

Saturday, June 7th, 2014
Frank McNamara
Tahukah anda siapa penemu kartu kredit? Dia adalah Frank McNamara, seorang pengusaha yang dikenal sebagai seorang tokoh penggagas adanya kartu kredit.

Pada tahun 1950, McNamara bekerja sama dengan seorang pengusaha yang bernama Ralph Schneider untuk menerbitkan kartu kredit pertama. Kartu itu diberi nama Diners Club. Kartu ini merupakan kartu kredit pertama yang dianggap sah sebagai salah satu alat pembayaran. Hanya saja, pemanfaatan kartu kredit ini hanya sebatas untuk makan, bukan untuk belanja, sebagaimana arti kata Diner itu sendiri yang berarti “makan malam”.

Ketika pertama kali diluncurkan, Diners Club memiliki 200 Nasabah dan diterima di 27 rumah makan. Dalam waktu satu tahun, 20 ribu orang telah menjadi nasabahnya. Diners Club tidak hanya berlaku di New York, tetapi meluas ke kota lain di Amerika Serikat, seperti Miami, Chicago, Boston, Los Angeles, dan San Fransisco.

Tahun 1952, Diners Club menyebar ke seluruh negara di dunia. Pada tahun 1973, Diners Club masuk ke Indonesia. Kini, kartu kredit semakin berkembang. Jenis dan pemanfaatannya juga bermacam-macam, diantaranya Diners Club, American Express,Discover, Master Card, Visa, dan BCA Card.