Peringatan Hardiknas 2014

Pendidikan untuk Peradaban Indonesia Yang Unggul
Tuesday, June 17th, 2014
Upacara pengibaran bendera pada peringatan Hardiknas Provinsi Bali
Tanggal 2 Mei setiap tahun bangsa Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional. Mengapa harus tanggal 2 Mei?

Tentu para siswa di Indonesia sudah tahu penyebabnya. Tanggal 2 Mei adalah hari lahir Ki Hajar Dewantara, tokoh,perintis dan bapak pendidikan nasional. Ki Hajar Dewantara atau lengkapnya Raden Mas Soewardi Soerjaningrat lahir di Yogyakarta 2 Mei 1889 dan meninggal di Yogyakarta 26 April 1959 pada usia 69 tahun. Ia adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari jaman penjajahan belanda. Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa yang memberikan kesempatan kepada pribumi dan rakyat jelata untuk mengenyam pendidikan. Tanggal kelahirannya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Ia dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Soekarno pada 28 November 1959 sesuai surat keputusan Presiden RI No.305 Tahun 1959.

Sesuai surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 0371/MPK.A/LL/2014 tanggal 24 April 2014 tentang penyelenggaraan upacara bendera peringatan hari Pendidikan Nasional 2014 tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2014 ini adalah “Pendidikan Untuk Peradaban Indonesia yang Unggul”. Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati tidak semata-mata untuk mengenang hari kelahiran Ki Hajar Dewantara selaku bapak perintis pendidikan nasional namun lebih merupakan sebuah momentum untuk makin memperkokoh kesadaran dan komitmen bangsa akan pentingnya pendidikan bermutu bagi masa depan bangsa.

Tujuan dari peringatan Hardiknas adalah untuk memperkuat komitmen seluruh pemangku kepentingan pendidikan tentang pembangunan atau strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa. Selain itu untuk mengomunikasikan atau menyosialisasikan kebijakan dan hasil-hasil pembangunan pendidikan nasional. Karena itu peringatan Hardiknas dilaksanakan di seluruh Indonesia dan Kantor Perwakilan Indonesia di luar negeri.

Di Provinsi Bali apel bendera peringatan Hardiknas 2014 dilaksanakan Jumat 2 Mei 2014 bertempat di Lapangan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi depan Kantor Gubernur dengan pembina upacara Gubernur Bali I Made Mangku Pastika. Adapun acara pada apel bendera peringatan Hardiknas sesuai dengan surat edaran Mendikbud. Seperti disaksikan pada upacara bendera peringatan Hardiknas Provinsi Bali Jumat (2/5) lalu, setelah Gubernur memasuki lapangan upacara dilanjutkan dengan laporan pemimpin upacara dan diteruskan dengan pengibaran bendera merah putih. Kemudian diteruskan dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Gubernur Bali selaku pembina upacara dan dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pancasila dan naskah Pembukaan UUD 1945. Gubernur Bali Made Mangku Pastika pada kesempatan tersebut membacakan amanat tertulis dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan Muhammad Nuh. Upacara ditutup dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan dan pembacaan doa.