Putu Nanda Pramadya P

Bermimpi, Berdoa dan Wujudkan Impian
Monday, January 7th, 2013
NANDA

Click Gambar tuk membaca lebih lanjut !

Bagi Nanda, selama mimpi belum dikenakan tarif alias masih gratis, mimpilah setinggi langit. Mimpi dimaksud menurut Nanda bukan khayalan belaka atau mimpi muluk-muluk tetapi menancapkan cita-cita setinggi langit dibarengi dengan kerja keras, belajar dan berdoa, ora et labora. Untuk menggapai cita-cita tersebut perlu usaha dan doa, niscaya cita-cita pasti terwujudkan. ”Jadi wajar jika aku bermimpi, berdoa dan aku yakin mimpiku terwujud,” ujar Nanda.

Putri pasangan Drs. Kadek Putrawan yang berprofesi Guru dan Made Sri Erna Pandewi,S.KM yang tinggal di Jalan Raya Takmung Desa Takmung Kecamatan Banjarangkan Klungkung ini memang mengibarkan cita-cita setinggi langit, ingin menjadi dokter. Salah satu alasan ingin menjadi dokter adalah agar bisa beryadnya.

Menurut Nanda, profesi dokter merupakan pekerjaan yang memiliki unsur sosial. Dalam ajaran agama Hindu ada himbauan ‘mari kita beryadnya’, jadi dengan menjadi dokter maka sekaligus juga beryadnya. ”Aku ingin jadi dokter karena ingin bekerja sambil beryadnya,” ujar Nanda.

Siswi Kelas XII/IPA SMA Negeri 1 Semarapura ini mengaku sangat beruntung bisa terdaftar sebagai salah satu siswi SMAN 1 Semarapura. Bersekolah di SMAN 1 Semarapura merupakan masa-masa yang sangat menyenangkan. Apalagi, masa SMA merupakan gerbang masuk menuju masa depan. Karena itu, masa-masa di SMA harus dimanfaatkan sebaik mungkin, belajar untuk menggapai masa depan.

Nanda mengakui, sekolah di SMAN 1 Semarapura sungguh tak membosankan. Hal ini karena para gurunya menyenangkan, sungguh friendly. Apalagi Nanda sudah mengenal  sekolahnya ini sejak kecil. ”Ayah aku guru di sini, jadi sejak kecil sudah tahu SMAN 1 Semarapura,” aku Nanda. Tapi kalau soal nilai, Nanda mengaku tak ada kolusi sama ayah, murni perjuangan Nanda.

Tentang Ujian Nasional Nanda katakan masih perlu dilaksanakan. Namun ia tak setuju dengan penerapan sistem 20 paket soal. Kata dia, 5 paket saja sudah berat apalagi Bali gradenya cukup tinggi jadi cukup was-was.”Tapi aku siap hadapi Ujian Nasional, selain belajar di sekolah  aku juga ikut bimbingan belajar karena dalam bimbingan belajar itu kita diberi materi lebih dan pelatihan soal-soal lebih banyak sehingga bisa mengejar materi yang tertinggal,” ujar Nanda.
Nanda mengaku prihatin dengan remaja masa kini yang cenderung melakukan hal-hal yang kurang menguntungkan seperti narkoba, rokok dan minuman keras, tawuran dan hal negatif lainnya. Nanda berharap orang tua harus lebih berperan dalam memberikan perhatian pada anak-anak dan sekolah juga harus terus memberikan bimbingan dan konseling pada siswa yang bermasalah.

Nanda yang aktif di organisasi muda-miudi, Sekehe Taruna Taruni Banjar, organisasi remaja PIC, Remaja Kencana Hudana ini sejak SD tercatat masuk dalam jajaran siswi berprestasi. Ketika Sekolah Dasar Nanda pernah meraih predikat juara kelas dari Kelas III sampai VI, juara pertama siswa berprestasi SD putri tahun 2006 tingkat kabupaten dan provinsi dan juara pertama lomba membaca puisi Hari Anak Nasional 2005 tingkat kabupaten.

Saat di SMP, Nanda meraih prestasi juara umum pertama sejak Kelas VII sampai IX, juara pertama voval group FLS2N Kabupaten (2008), juara pertama lomba debat politik universitas Mahendradatta, juara pertama siswa berprestasi SMP putri 2009 tingkat kabupaten. Nanda juga tercatat meraih prestasi juara ketiga siswa berprestasi SMP putri tingkat provinsi tahun 2009 dan juara harapan 2 Olimpiade Agama Hindu tingkat provinsi.

Selama hampir tiga tahun bersekolah di SMAN 1 Semarapura Nanda telah menorehkan berbagai prestasi membanggakan. Antara lain juara umum pertama Kelas X sampai XII, juara pertama umum Jumbara PMR di Bangli (beregu) tingkat provinsi dan juara ketiga OSN Cabang Kebumian tingkat kabupaten tahun 2011. Selain itu Nanda juga meraih prestasi juara pertama OSN cabang kebumian tahun 2012, juara pertama jegeg Klungkung 2012, lima besar Jegeg Bali 2012, Jegeg Bali penampilan terbaik 2012 dan lima besar Health Ambassador FK UNUD 2012. Nah, mau seperti Nanda? Ayo, bermimpilah setinggi langit, berdoa, belajar dan wujudkan impianmu. tim