Putu Tri ‘Bulan’ Utami Artha

Miss Bali 2011 ke Kancah Nasional
Tuesday, July 19th, 2011

bulan

 

Masih terekam hangatkah dalam ingatan wakil Bali dalam ajang bergengsi Miss Indonesia 2011 lalu? Yup, dia adalah Putu Tri Bulan Utami Artha, atau yang sering kita sapa dengan Bulan. Gadis kelahiran 17 tahun silam ini di nobatkan menjadi Miss Bali 2011, sebagai wakil Bali dalam kancah Nasional 3 Juni 2011 lalu.

Kemampuan Bulan memang tak dapat di ragukan lagi. Di tahun 2009, gadis berzodiak Aries ini mengikuti Lomba Puisi se-Bali dan menyabet juara kedua. Di tahun yang sama alumni SMP 9 Denpasar ini mendapat juara ke II dalam ajang Truna-Truni Bali. Sebuah pencapaian yang sangat luar biasa bukan?

Bulan memang lahir sempurna. Berwajah cantik dengan tubuh yang ideal merupakan modal baginya untuk bergelut dengan dunia model. Dan alumni SMPN 9 Denpasar ini berhasil merebut prestasi gemilang dalam ajang Wajah Model Remaja Indonesia dan Cardinal Awards Bali dengan tampil sebagai juaranya. Dengan modal wajah dan tubuh ideal, Bulan merambah ke ajang yang lebih bergengsi lagi, yakni Miss Celebrity 2010 dan menjadi unggulan Jakarta.

Barangkali julukan bagi Bulan sebagai gadis haus prestasi menjadi sangat tepat. Betapa tidak, buah hati pasangan Wayan Ari Artha dan Putu Wanda Sari ini terus merangsek maju, mengejar berbagai prestasi, antara lain mengikuti audisi Miss Bali dan ia dinobatkan sebagai Miss Bali 2011 mengalahkan saingannya yang sebetulnya sama-sama punya talenta luar biasa.

Merebut prestasi bukannya tanpa tantangan. Biasanya tantangan datang pada saat yang sama yang mengharuskan untuk menentukan pilihan. Sudah jadi sebuah peraturan resmi bahwa semua finalis Miss Indonesia harus dikarantina. Dan waktu karantina tersebut bertepatan dengan Ulangan Umum kenaikan kelas di sekolahnya. “Awalnya Bulan agak takut minta izin ke sekolah karena waktu karantina pas banget sama waktu Ulangan Umum kenaikan kelas. Namun gak nyangka banget semua guru malah dukung Bulan. Tapi tetep sebuah kewajiban Bulan untuk ikut Ulangan Umum susulan.” Ujar siswi SMA Kertha Wisata tersebut.

Singkat cerita, ketika Bulan dalam masa karantina yang bertepatan dengan Ulangan Umum banyak temannya yang heran karena Bulan absen. Hal ini membuat sahabat dekatnya bertanya-tanya. Bulan memang sengaja untuk tidak memberi tahu teman-tema sekolahnya karena khawatir terhadap pandangan setiap temannya terhadap dirinya. “Setiap orang kan punya pemikiran masing-masing, takutnya nanti, ih baru segitu aja Bulan udah gimana. Tapi tahunya pas tahu Bulan ikut Miss Indonesia ini dari satu orang nyebar ke temen-temen yang ain dan mereka support Bulan semua.” Celotehnya senang.

Tak disangka gadis yang bercita-cita menjadi Miss World ini mampu menembus 10 besar. Dan karena dianugrahi tubuh yang nyaris sempurna tadi Bulan dinobatkan menjadi Miss Tubuh Indah 2011. Sebuah kebanggaan bagi Bulan pribadi, keluarga, sekolah dan Bali umumnya.

Kala ditanya pendapatnya mengenai Ujian Nasional, bagi Bulan sangat penting dan benar-benar menentukan. Berbagai persiapan diri telah Bulan ancang-ancang. Diantaranya mengikuti les private seperti belajar kelompok dan mempelajari soal-soal Ujian Nasional di tahun sebelumya.

Di SMA Kertha Wisata, bulan dikenal ramah, banyak teman. Ia mengaku sangat senang bersekolah di SMA ini karena guru-gurunya ramah dan sangat kekeluargaan serta selalu menyupport setiap muridnya. Terhadap teman-temannya satu sekolahnya Bulan merasa sangat nyaman karena mereka sangat baik terhadap Bulan. Meski demikian Bulan pun pandai memilah cara pergaulan, mana yang baik dan mana yang merugikan.

Makanya Bulan mempunyai pendapat yang berbeda tentang remaja masa kini yang menurutnya banyak yang kurang konsisten terhadap tujuan yang ingin diraih. Konsistensi hidup harus diancang-ancang agar kita bisa menyiapkannya dari sekarang. Ruang untuk kreativitas remaja masa kini sesungguhnya jauh lebih terbuka, namun kurang dimanfaatkan. Padahal kalau kita mau, kaum remaja bisa jadi pengusaha-pengusaha yang sukses.” Kita harus punya tujuan, ada semacam target yang mau dicapai, dan kita harus konsisten serta fokus terhadap tujuan tersebut”, ujarnya penuh optimisme.Yaz