Seminar Nasional di Hotel Puri Dalem Sanur

Menggali Nilai Tambah Kemajuan Teknologi Informasi
Tuesday, January 8th, 2013
peserta seminar
Sabtu 8 Desember 2012 lalu berlangsung seminar sehari “Layanan SMS Blast & SMS Gateway, Nilai Tambah Handphone Solusi Pemasaran Produk-Produk Kreatif” yang berlangsung di Hotel Puri Dalem Jalan Hang Tuah Sanur Denpasar Bali. Seminar ini merupakan kerja sama antara ULearn International dengan Ditjen Ekonomi Kreatif.

Seminar sehari tersebut dibuka oleh Direktur ULearn International Drs. I Nyoman Kandia yang sekaligus juga memberikan sambutan pembukaan mewakili Ditjen Ekonomi Kreatif Jakarta. Pria yang juga salah satu board member BPPI (Badan Promosi Pariwisata Indonesia) dikenal aktif di dunia pariwisata ini menegaskan bahwa kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat sudah tak bisa dibendung lagi. Namun kemajuan IT tersebut harus memberikan manfaat positif bagi para pemakainya, salah satunya adalah para pelaku ekonomi kreatif dalam memperkenalkan produk-produk usahanya.

Para pembicara yang tampil dalam se­minar sehari ini adalah mereka yang memang memiliki keahlian dan pelaku bisnis dalam dunia teknologi informasi dan telekomunikasi ,dan langsung dipandu moderator Drs. I Gede Ketut Warmika yang adalah Dosen FE UNUD. Di sesi pertama Para narasumber antara lain Ni Nyoman Tripitasih, S.Pd, Direktur PT.Info Mobile Nusa Media (IMOB), salah satu perusahaan content provider nasional yang berbasis di Bali yang menyampaikan materi “Best Practice dalam Menggunakan SMS Blast untuk Promosi Produk Kreatif” dan Trisna Anchali Kardia, Head of Sales Dept. Digital Advertising Group PT Telkomsel yang membawakan materi “Mobile Advertising”.

Lebih dari 100 peserta yang hadir dalam seminar sehari, nampak antusias mengikuti seminar hingga sesi terakhir karena to­piknya yang sangat up to date, ini juga karena diperkaya dengan materi Advertising & Promotion via Gamemobile yang disampaikan Direktur Bamboo Media Putu Sudiarta. Dan sesi terakhir diisi oleh Ketua STIKOM Bali Drs. Dadang Hermawan,AK,MM dan Direktur Alfa Prima Made Artana mengenai “Peran lembaga Pendidikan Teknologi Informasi dalam pengembangan Ekonomi Kreatif”.

Peserta seminar sehari ini umumnya paramuda Bali, mahasiswa dan pelajar serta sejumlah pelaku ekonomi kreatif. Sejumlah mahasiswa dan pelajar yang dimintai komentar tentang seminar tersebut mengaku, seminar tersebut sangat memperkaya wawasan mereka terutama dalam menggunakan teknologi handphone tidak sekedar fasilitas belaka atau sekedar memenuhi tuntutan gaya hidup tetapi sebagai alat komunikasi yang memberikan peluang juga keuntungan secara moral, spiritual maupun ekonomis. Salah seorang pelaku ekonomi kreatif, Paskhalis Budi Hartono mengatakan, apa yang diperolehnya dari seminar ini sangat mendukung usaha ekonomi kreatif yang saat ini sedang dijalankannya. Anak Agung Ardana pengusaha jasa di Denpasar, yang sedang menggodok fasilitas SMS Blast dan SMS Gateway ini dalam program Nasional yang dirancang merasa puas dengan penjelasan para praktisi terutama oleh narasumber dari IMOB dan Telkomsel yang begitu gamlang dan menggugah. “Awalnya saya memulai menyusun program saya dengan alur pikiran saya, setelah mengikuti penjelasan step by step, saya baru menyadari bahwa jika ingin mendapatkan manfaat yang maksimal dari teknologi kita mesti ikuti passionnya, bukan memaksakan alur pikiran kita karena umumnya pola pikir kita sangat manual,” ungkapnya.  gus
Ni Nyoman Tripitasih,S.Pd
Gunakan Teknology dengan Smart
bu trie
Ni Nyoman Tripitasih,S.Pd adalah Direktur PT Info Mobile Nusa Media (IMOB), sebuah perusahaan content provider nasional yang berbasis di Bali. Ia telah bergelut dengan dunia content provider ini sejak tahun 2004, ia memulai bisnis dari rumah dengan membeli franchise sebuah cabang untuk area Bali saat itu. Boleh dikatakan dia adalah orang pertama di Bali yang menjalankan bisnis ini, jadi sangat menguasai seluk beluk content provider. Ia juga adalah Pemimpin Umum/Penanggung Jawab IMOB Educare, Tabloid Interaktif yang telah dua tahun melayani kebutuhan informasi secara gratis kepada para remaja sekolah-sekolah khususnya SMA dan SMK di Bali.

Dalam Seminar Sehari bertajuk “Layanan SMS Blast & Gateway, Nilai Tambah Handphone Solusi Pemasaran Produk-Produk Kreatif”, Ni Nyoman Tripitasih,S.Pd membagi pandangannya tentang sikap yang benar di Era Digital. “Segala sesuatu dalam kehidupan ini serba biner, tetua kita menyebutnya rwa Bhineda, di Era yang serba transparan dan dinamis ini kita tidak hanya di tuntut memiliki kendali yang kuat untuk memposisikan diri disisi yang positif, tetapi juga mampu twist negatif jadi positif, caranya dengan kembali pada karakter warisan leluhur,” tegasnya mengingatkan.

Sesi pertama sangat antusias, selain kemasan materinya kreatif dengan selingan gambar dan video penyampaiannya juga sangat runut dan bersemangat, disela-sela suasana serius pembicara kerap memecah ketegangan dengan yel yel dan lelucon kreatif. Lebih-lebih saat pembahasan teknis yang memang merupakan hal awam bagi kebanyakan peserta sehingga berpeluang membosankan tiba tiba HP peserta bunyi terima pesan serentak dari trial SMS blast yang merupakan akhir dari penjelasan secara teknis. Sesi presentasi diakhiri dengan power word “Gunakan handphone Anda untuk tujuan positif, jadikan benda mungil ini bukan untuk spend (mengeluarkan uang) tetapi juga earn (menghasilkan uang),” ujar ibu dua anak yang dikenal ulet dan gigih dalam menjalankan berbagai bisnis yang dirintisnya.

Hal lain yang juga disampaikan Ni Nyoman Tripitasih adalah realitas bah­wa mobilephone terus mengalami per­kembangannya dari waktu ke wak­tu dan perkembangannya sungguh dasyat. Manusia dewasa ini benar-benar dimanja­kan dengan teknologi informasi yang membuat dunia menjadi sangat sempit. ”Namun satu hal yang harus diingat, jangan sampai handphone menjadi racun dalam hidup Anda. Jadikan handphone sebagai sahabat sekaligus mitra usaha yang menguntungkan,” ujarnya.
Sesi pertama berakhir setelah menjawab berbagai pertanyaan dari peserta. Karena terbatasnya waktu hanya diberi kesempatan pada 6 orang saja yang bertanya dalam 2 gelombang.   thr