Seminar Nasional Kebudayaan

Wednesday, October 12th, 2011
seminar
Kontribusi Bali Dalam Proses Pembentukan  Karakter Bangsa, Kebudayaan Nasional dan Global
Pusat Penelitian Budaya Pariwisata Universitas Udayana  bekerja sama dengan  Kementerian Kebudayaan dan pariwisata RI menggelar  seminar  nasional kebudayaan  bertajuk ‘Kontribusi Bali Dalam Proses Pembentukan Karakter Bangsa, Kebudayaan dan Global. Seminar  berlangsung Kamis 8 September 2011  di Universitas Udayana dalam rangka Dies Natalis Ke-49  Unud.
Seminar sehari  ini menghadirkan  para nara sumber  yang  memiliki keahlian  di bidang  pariwisata dan kebudayaan, seniman dan sastrawan. Seminar  diawali dengan  laporan  ketua panitia, sambutan Rektor  Universitas Udayana, sambutan Gubernur Bali  dan  sambutan  Menteri Kebudayaan dan Pariwisata  RI  Jero Wacik  yang  sekaligus didaulat sebagai  keynote speech.
Seminar ini  merupakan  upaya pemantapan menuju World  Cultural Forum (WCF)  tahun 2012  yang  dicetuskan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang inspirasinya datang dari  kegiatan tahunan  World Economic Forum yang dilaksanakan di Swiss. Tujuan seminar ini adalah  merangkum pemikiran  untuk dijadikan  sumbangan  kepada Indonesia WCF 2012 khususnya kontribusi Bali  dalam pembentukan karakter bangsa dan kebudayaan global.
Seminar  berlangsung  dinamis  karena tampil  sejumlah pembicara. Dimoderatori oleh  Drs. IBG Pujaastawa,MA , Dr.Jenny Lindsay memaparkan makalah ‘Seniman Bali dalam Misi Kesenian Indonesia di Panggung Dunia’. Dilanjutkan dengan  pemaparan  Dr. Sri Margana  dengan makalah ‘Bali Dalam Sejarah Nusantara:Prespektif Kebudayaan Nasional’, sastrawan Putu Wijaya  dengan makalah  ‘Karakter Bali dalam Ruang Kosmopolitan’  dan  Prof. Stephen Lansing  dengan makalah ‘Tantangan dan Peluang Warisan Alam dan Budaya Bali untuk masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO’. Usai  para nara sumber  mempresentasikan makalah  dilanjutkan dengan diskusi. Berbagai masukan, kritikan, usul dan saran  disampaikan oleh   para peserta.
Setelah makan siang  seminar dilanjutkan  dengan  menghadirkan empat pembicara. Dimoderatori oleh Prof.Dr. I Wayan Ardika,MA, tampil Prof. Dr. I Gde Pitana,MSc  dengan  makalah ‘Kontribusi Budaya  Bali Dalam Pembentukan Karakter  Bangsa’, dilanjutkan  dengan nara sumber  Janet deNeefe  yang memaparkan makalahnya  bertajuk ‘Kuliner  Bali dan Indonesia di meja Makan Dunia’, Prof.Dr. I Nyoman Darma Putra, MLitt, membawakan makalah  bertajuk ‘Evolusi Jatidiri Orang Bali Abad Ke-20’  dan akhirnya  Dr. Jean Cauteau  membawakan makalahnya ‘Representasi  tentang Indonesia dan Bali pada Ikonografi Barat’.
Seminar  berlangsung  hidup dan dinamis  karena  para peserta pun aktif  bertanya, memberikan kritikan, usul dan saran. Seminar berakhir  dengan pembacaan kesimpulan seminar oleh  tim perumus. Akhirnya  kegiatan seminar pun ditutup oleh  Kepala Pusat Penelitian Kebudayaan dan Pariwisata Universitas Udayana.dbs
Gemar Membaca Rajin Menulis
Raih Hadiah Dengan Ujung Penamu
menlis
Bulan Oktober adalah Bulan Bahasa dan Sastra. Sebab, salah satu butir ’Soempah Pemoeda’ tanggal 28 Oktober 1928 adalah mengakui berbahasa satu yakni bahasa Indonesia. Nah, dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra 2011 ini Balai Bahasa Kota Denpasar bagi-bagi hadiah. Lalu bagaimana cara Anda meraih hadiah tersebut?
Caranya, dengan membaca dan menulis. Budaya baca dan tulis di Indonesia masih rendah kalau dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia. Hal ini sangat memprihatinkan terlebih mengingat bahwa membaca dan menulis memiliki manfaat yang besar bagi perkembangan pengetahuan, kepribadian, dan karakter, terutama bagi generasi muda. Guna menumbuhkan minat baca dan tulis, Balai Bahasa Denpasar menga­dakan kegiatan bertajuk ”Gemar Membaca Rajin Menulis 2011”. Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong khalayak, khususnya generasi muda, untuk berkreativitas dalam kompetisi-kompetisi yang memacu semangat membaca dan menulis. Kegiatan ini juga dilakukan sebagai salah satu strategi pembinaan dan peningkatan SDM menuju kehidupan masyarakat yang cerdas dan berkualitas.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca dan menulis di kalangan generasi muda serta para pendidik melalui serangkaian lomba dan apresiasi sastra. Sasaran dari kegiatan ini ditujukan bagi para siswa SD, SMP, SMA/SMK serta para guru se-Provinsi Bali. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan adalah dalam bentuk; Lomba Cipta Puisi untuk siswa SD kelas III—IV, Lomba Cipta Cerita untuk siswa SD kelas V—VI, Lomba Tulis Resensi untuk siswa SMP, Lomba Majalah Dinding untuk siswa SMA/SMK (maksimal 5 orang sebagai tim redaksi) dan Lomba Tulis Esai untuk guru SD, SMP, SMA/SMK.
Gemar Membaca Rajin Menulis 2011 dilaksanakan oleh Balai Bahasa Denpasar. Tahap pertama, peserta diminta menulis dan mengirimkan tulisan tersebut dengan ketentuan sebagai berikut. Peserta SD kelas III—IV menulis puisi dengan tema ”Buku”. Panjang puisi kurang lebih lima puluh kata. Peserta SD kelas V—VI menulis cerita de­ngan tema “Arti Buku bagiku”. Panjang cerita kurang lebih tiga ratus kata. Peserta SMP menulis resensi salah satu karya Putu Wijaya, Panji Tisna, atau Toeti Heraty. Panjang resensi kurang lebih seribu kata. Peserta SMA/SMK menulis tajuk rencana, opini, dan berita (masing-masing satu untuk setiap redaksi) sepanjang kurang lebih tiga ratus kata. Peserta guru menulis esai dengan tema ”Fungsi dan Peran Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Siswa (sesuaikan dengan mata pelajaran yang diajarkan peserta)”. Panjang esai kurang lebih seribu kata. Tulisan di atas harus sudah diterima oleh panitia paling lambat tanggal 18 Oktober melalui pos, pos-el (e-mail), atau langsung. Setiap naskah wajib dilampiri identitas diri lengkap dengan nomor telepon yang bisa dihubungi.
Tahap kedua, Peserta yang berhak meng­i­kuti tahap kedua akan diumumkan tanggal 20 Oktober melalui telepon dan laman (website) Balai Bahasa Denpasar. Peserta yang lolos ke tahap kedua hadir pada tanggal 24 Oktober di Bentara Budaya Bali, Jalan Prof. I. B. Mantra No 88A, Ketewel, Gianyar, pukul 08.30 sampai pukul 15.30. Hadiah yang disediakan; Lomba Cipta Puisi: Juara I Rp1.000.000,00, Juara II Rp750.000,00, Juara III Rp500.000,00, Juara Harapan I—III @Rp250.000,00. Lomba Cipta Cerita: Juara I Rp1.000.000,00, Juara II Rp750.000,00. Juara III Rp500.000,00. Juara Harapan I—III @Rp250.000,00. Lomba Tulis Resensi: Juara Rp1.500.000,00, Juara II Rp1.250.000,00, Juara III Rp1.000.000,00. Juara Harapan I—II @Rp750.000,00. Lomba Majalah Dinding: Juara I Rp2.000.000,00, Juara II Rp1.750.000,00, Juara III Rp1.500.000,00, Juara Harapan I—III @Rp1.250.000,00. Lomba Tulis Esai: Juara I Rp2.000.000,00, Juara II Rp1.750.000,00, Juara III, Rp1.500.000,00, Juara Harapan I—II @Rp1.250.000,00. gus