Siswi SMKN 1 Denpasar Raih Nilai UN Tertinggi

l SMK Kesehatan Bali Medika Rangking Pertama
Thursday, June 5th, 2014
Memprihatinkan, perilaku siswa konvoi di jalanan  tanpa memakai helm dan sambil merokok
Siswi SMKN 1 Denpasar raih nilai tertinggi Ujian Nasional 2014. Siswi tersebut adalah Dyana Putri Kristina Sintya Dewi dengan nilai rata-rata 38,32. Di posisi kedua Ni Komang Putri Krisna Dewi dari SMKN 3 Singaraja dengan nilai rata-rata 38,18 dan posisi ketiga Gusti Agung Rika Candrawati dari SMK PGRI 2 Badung dengan nilai rata-rata 38,05.

SMKN 1 Denpasar merupakan sekolah teknologi tertua di Bali. Sekolah yang dikenal juga bernama STM Negeri Denpasar ini berdiri pada tahun 1962 dengan tujuan untuk mendidik tenaga-tenaga yang trampil serta ahli di bidang teknik khususnya teknik bangunan. Pada tahun 1994 STM Negeri 1 Denpasar berubah nama menjadi SMKN 1 Denpasar. Sekolah ini memilih Visi “Menjadi sekolah berstandar mutu nasional dan internasional” sedangkan Misi “Menyiapkan tenaga kerja berperilaku mandiri, terampil, cerdas, tangkas dan berbudi luhur dalam bidang teknologi dan industri. Program keahlian di sekolah ini adalah bidang keahlian bangunan, bidang keahlian elektro dan bidang keahlian mesin.

Peringkat kedua direbut Ni Komang Putri Krisna Dewi, siswi Kelas XII TKJ-1 SMKN 3 Singaraja. SMKN 3 Singaraja bersertifikat internasional ISO:9001 2008 dan setiap tahun meluluskan para siswa yang memiliki kompetensi berkualitas. Sekolah ini beralamat di Jalan Gempol Desa Banyuning. Sekolah ini juga menyelenggaran 10 bidang keahlian yakni teknologi komputer dan jaringan multimedia, teknik audio video, teknik instalasi tenaga listrik, teknik kendaraan ringan, teknik sepeda motor, teknik permesinan, teknik pengelasan, teknik gambar bangunan dan teknik konstruksi bangunan.

Peringkat ketiga Gusti Agung Rika Candrawati adalah siswi SMK PGRI 2 Badung. Sekolah ini terletak di Jalan I Gusti Ngurah Rai No 2A Br.Delod Bale Agung Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. SMK PGRI 2 Badung berdiri pada 1 Agustus 1997 menyelenggaran pendidikan kejuruan dengan program keahlian teknologi rekayasa dan teknologi informasi dan informatika. Sedangkan program studi keahlian adalah teknik otomotif dan teknik komputer dan informatika. Kompetensi keahlian terdiri dari teknik kendaraan ringan, teknik sepeda motor, dan multimedia.

Dari sisi rangking 10 besar yang diperoleh sekolah didominasi oleh SMK Swasta. Bahkan rangkin 1 dan 2 diraih oleh SMK Kesehatan. Demikian juga rangking 7 dan 8 direbut oleh SMK Kesehatan. SMK Kesehatan Bali Medika bertengger di posisi 1 dengan nilai rata-rata 35,40, posisi 2 SMK Kesehatan Bali Khresna Medika dengan nilai rata-rata 34,23. SMK Pariwisata Bali Global Ashram di posisi 3 dengan nilai rata-rata 34,17, SMK Saraswati 1 Tabanan di posisi 4 dengan nilai rata-rata 34,06. Di posisi 5 SMKN 1 Sukawati dengan nilai rata-rata 34,00, posisi 6 SMK Pandawa Abiansemal nilai rata-rata 33,79, posisi 7 SMK Kesehatan Gana Husada dengan nilai rata-rata 33,67. Di posisi 8 SMK Farmasi Bintang Persada dengan nilai rata-rata 33,46, posisi 9 SMK Ilkom Ganesha Udayana nilai rata-rata 33,46 dan posisi 10 SMK PGRI 3 Denpasar dengan nilai rata-rata 33,44. Jadi 10 besar memang didominasi SMK swasta.