SMAK Santo Yoseph Denpasar

Monday, March 24th, 2014
hgv

SMAK Santo Yoseph Denpasar merupakan sekolah Katolik di Denpasar yang memiliki akreditasi A atau sangat baik. SMA yang juga dikenal dengan sebutan SMAK Swastiastu ini akan merayakan hari jadi ke-50 tahun, usia yang sudah tergolong tua untuk sebuah almamater.

Sekolah ini didirikan oleh Romo Herman Embueru, SVD pada tanggal 1 Agustus 1964 di bawah naungan Yayasan Swastiastu bersama TKK, SDK, dan SMPK Santo Yoseph. Selama setahun, SMAK Swastiastu bertempat di gedung SMPK Swastiastu yang sekarang lokasinya ditempati oleh SDK Santo Yoseph 1 dan 2. Tahun kedua setelah gedung SMAK Swastiastu selesai dibangun, siswa-siswi SMAK Swastiastu resmi menempati gedung barunya yang lokasinya terletak di lokasi yang sekarang, pada tahun 1965.

Saat memasuki area SMAK Santo Yoseph, terdapat tulisan yang bertuliskan; “DIOCOESI SANCTI HYPOLITY GRATIAS AGENTES SANTI JOSEPHI COLEGII DISCIPULL SESE”  (“Rahmat mewakili para kudus, semoga para kudus memberkati Sekolah Santo Yoseph , Supaya sekolah kita ini mengikuti para kudus (12 Rasul)”).

Pada awal perjalanan, SMA ini secara resmi diberi nama SMAK Santo Yoseph Denpasar. Akan tetapi, masyarakat cenderung mengenal nama SMAK Swastiastu Denpasar. Padahal nama SWASTIASTU sebenarnya adalah nama yayasan yang menaungi SMAK , SMPK, SDK, dan TK Santo Yoseph pada saat itu. Februari 2000 nama YAYASAN SWASTIASTU berganti nama menjadi YAYASAN INSAN MANDIRI, demikian pula nama SMAK Swastiastu Denpasar dikembalikan ke nama awalnya menjadi SMAK Santo Yoseph Denpasar. Santo Yoseph adalah nama pelindung sekolah yang setiap tahun dirayakan pada tanggal 19 Maret. Dalam perjalanannya, SMAK Santo Yoseph Denpasar pernah mengalami perubahan nama menjadi SMUK Santo Yoseph Denpasar dan saat ini kembali menjadi SMAK Santo Yoseph Denpasar.

Kini, SMAK Santo Yoseph dikenal sebagai sekolah yang memiliki fasilitas yang baik dan sekolah yang nyaman. Selain fasilitas yang bagus dari segi bangunan, SMAK Santo Yoseph yang juga dikenal sebagai SMA Sanjose ini memiliki tenaga pengajar yang bagus dan berpengalaman. Kebanyakan dari guru-guru SMA Sanjose memiliki pengalaman di atas sepuluh tahun sehingga cara pengajarannya terasa efektif dan menyenangkan.

Dari segi kedisiplinan, SMA Sanjose memiliki kualitas yang sangat baik. Visi yang diangkat sekolah ini adalah “Komunitas pendidikan yang inklusif dan berdaya pikat membentuk peserta didik yang cerdas, berkarakter berlandaskan kasih” sebagai bukti bahwa SMA Sanjose adalah sekolah pencetak generasi muda berakhlak mulia.

Prestasi siswa SMAK Santo Yoseph pun sudah banyak diakui mulai dari prestasi di bidang akademik sampai bidang non akademik. SMAK Santo Yoseph mampu meraih banyak penghargaan di tingkat regional maupun nasional. SMAK Santo Yoseph memiliki banyak ekstrakurikuler untuk mengasah bakat siswa. Dari bidang IT terdapat ekstrakurikuler desain grafis, programming, web programming, dan lain-lain. Dari bidang Ilmu Pengetahuan Alam terdapat klub fisika, biologi, matematika, akuntansi, dan lain-lain. Dari segi lainnya, SMAK Santo Yoseph juga memiliki ekstrakurikuler olahraga, kesenian, teater, pramuka, marching band, Sipagala Giri Suta, SY Dance, bahasa asing, dan lain-lain.

Terhitung selama periode 2013 banyak prestasi yang sudah SMA Sanjose raih. Mulai dari juara lomba poster anti HIV/Aids, lomba dance cover tingkat provinsi, lomba menembak, lomba teater, sampai juara lomba olahraga basket. Sehingga tidak diragukan lagi SMAK Santo Yoseph adalah penghasil generasi muda bangsa yang berprestasi dan berakhlak mulia.