SMAN 1 Sukawati

Mengincar Mendali Platinum di THK Award
Wednesday, February 26th, 2014
SMA Negeri 1 Sukawati yang berdiri sejak tahun 1987 dalam dua dekade terakhir telah meraih berbagai prestasi luar biasa bahkan menjadi salah salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Gianyar. Sekolah yang beralamat di Jalan Lettu W Sutha, Sukawati Gianyar Bali ini meraih berbagai prestasi akademik maupun non akademik.
sman 1 sukawati

Salah satu prestasi membanggakan yang diraih oleh sekolah ini adalah penghargaan Tri Hita Karana Award. Wakil Kepala Sekolah Penjaminan Mutu, A.A. Nyoman Dharma yang ditemui di ruang Perpustakaan SMAN 1 Sukawati, Senin menjelaskan, prestasi terbaru yang diraih oleh SMAN 1 Sukawati adalah Medali Emerald Tri Hita Karana Award. Penghargaan ini telah diserahkan oleh Wakil Gubernur Bali Drs. I Ketut Sudikerta,M.Si yang berlangsung di Gedung Ksirarnawa Art Centre Denpasar, 11 Desember 2013 lalu.

Menurut Nyoman Dharma, Emerald ini merupakan penghargaan Tri Hita Karana Award yang kelima kalinya diraih SMAN 1 Sukawati. Tri Hita Karana Award diberikan oleh Yayasan Tri Hita Karana Provinsi Bali kepada sekolah, hotel, restoran dan lembaga lainnya yang peduli pada lingkungan hidup dan mewujudkan lingkungan ideal dalam segala bidang dan aspek kehidupan. Yayasan Tri Hita Karana (THK) Provinsi Bali mengadakan verifikasi setiap tahunnya, kepada sekolah, perhotelan, instansi yang terpilih di seluruh Bali dan salah satunya adalah SMA Negeri 1 Sukawati atau populer dengan sebutan SUKSMA.

Lebih lanjut Nyoman Dharma menuturkan, SMAN 1 Sukawati telah meraih penghargaan Tri Hita Karana Award sejak tahun 2009 dengan memperoleh medali emas dilanjutkan dengan tahun 2010 dan 2011 juga meraih medali emas. Karena sudah tiga kali berturut-turut meraih medali emas, maka tahun 2012 kembali SMAN 1 Sukawati meraih penghargaan yang sama dan berhak atas medali Emerald demikian juga tahun 2013 kembali meraih medali Emerald. Bila tahun 2014 SMAN 1 Sukawati kembali meraih medali Emerald maka pada tahun 2015 kalau kembali meraih penghargaan yang sama maka akan memperoleh penghargaan tertinggi yakni medali Platinum.

Lebih lanjut Nyoman Agung menjelaskan penghargaan Tri Hita Karana Award diterima oleh SMAN 1 Sukawati karena dari verifikasi yang dilakukan Oktober 2013, SMAN 1 Sukawati benar-benar memenuhi tiga aspek yang selama ini dibangun oleh keluarga besar SMAN 1 Sukawati. Tiga aspek tersebut adalah Parahyangan, Pawongan, dan Palemahan yang merupakan tiga makna dari Tri Hita Karana.

Dari aspek Parahayangan SMAN 1 Sukawati benar-benar sangat memperhatikannya terbukti dengan membangun dua padmasana sebagai tempat ibadah yang trategis dan hening sesuai dengan filsafat agama Hindu dan di sekitarnya terdapat tanaman yang bisa dipakai untuk keperluan upakara. Dari aspek Pawongan keluarga besar SMAN 1 Sukawati terus melakukan pertukaran informasi baik internal maupun eksternal yakni dengan masyarakat, rutin mengadakan kegiatan gotong royong dengan warga sekitar. Sedangkan aspek Palemahan, SMAN 1 Sukawati terus berupaya untuk menjaga kebersihan dan keasrian di lingkungan sekitar sekolah, seperti sanitasi, tanaman langka, penghijauan, perawatan WC dan saluran-saluran. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan air SMAN 1 Sukawati menjadi salah satu anggota Subak sehingga mendapatkan pembagian air.

Lebih lanjut Nyoman Dharma katakan, SMAN 1 Sukawati akan terus mempertahankan prestasi yang didapat melalui peningkatan tiga aspek hidup yakni menjaga keselarasan dengan Sang Pencipta, keselarasan dengan Sesama dan keselarasan dengan lingkungan hidup. Meskipun para siswa SMAN 1 Sukawati berasal dari latar belakang yang beranekaragam namun kebersamaan senantiasa diciptakan. Di sekolah ini semua komponen yang ada adalah satu keluarga. Bahkan ada dua siswa titipan dari Papua yang benar-benar menghayati cara hidup berlandaskan Tri Hita Karana tersebut. v gus/dok