SMAN 4 Denpasar

Cerdas Spiritual, Cerdas Intelektual, Cerdas Emosional
Thursday, February 27th, 2014
ni
Kami selalu berupaya menghasilkan siswa-siswa yang berbakat di segala bidang, tidak melulu akademis,” jelas I Wayan Rika, Kepala Sekolah SMAN 4 Denpasar. Beragam program akademis dan non akademis yang dilakukan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) ini antara lain Program Remedi dan Pengayaan, Program Peningkatan Mutu, Program Pembelajaran dengan Bahasa Inggris, Program Pengajaran dengan Internet, Program Studi Banding, Program Beasiswa, Program Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Program Kemitraan.

Dengan pelaksanaan program yang didukung tenaga pengajar yang handal dan fasilitas yang memadai, SMAN 4 Denpasar bisa mencapai berbagai prestasi mengagumkan di tingkat nasional, bahkan internasional. SMA yang memperoleh predikat sangat baik karena tingkat kelulusan ujian nasional serta PMDK dan SPMB-nya mencapai 100 persen ini pernah meraih sembilan medali pada Olimpiade Sains tingkat nasional. SMAN 4 Denpasar juga tercatat 18 kali mewakili Indonesia untuk mengikuti kejuaraan bertaraf internasional, di antaranya Olimpiade Fisika, Biologi, Matematika, Karya Tulis, Pidato Bahasa Jepang, Pidato Bahasa Jerman, dan Debat Bahasa Inggris.

Sementara itu, untuk prestasi non akademis, SMAN 4 Denpasar selalu meraih posisi teratas dalam Porsenija (Pekan Olahraga Seni Remaja) Kota Denpasar. Siswa SMAN 4 Denpasar juga sering mewakili Bali dalam kompetisi lagu pop Bahana Nusantara yang diselenggarakan setiap tanggal 17 Agustus. Perwakilan SMAN 4 Denpasar juga seringkali terpilih ke dalam tim yang mengikuti kejuaraan bola basket tingkat nasional.

“Yang paling membanggakan adalah siswa kami berhasil meraih nilai tertinggi untuk ujian nasional di tingkat nasional selama tiga tahun berturut turut,” kata Rika berseri.

Menurut dia, hasil ujian nasional yang baik merupakan modal yang penting bagi siswa untuk melangkah ke jenjang lebih tinggi, termasuk untuk memperoleh beasiswa pendidikan dari berbagai pihak. “Sejak masuk sekolah ini, siswa sudah mengikuti persiapan khusus untuk menghadapi ujian nasional serta ujian masuk ke perguruan tinggi negeri. Jadi selama tiga tahun mulai dari kelas X siswa sudah terbiasa dengan contoh-contoh soal yang akan diujikan pada saat siswa tersebut di kelas XII,” papar Rika.

Atas berbagai pencapaian yang mengagumkan tersebut, SMAN 4 Denpasar mendapat kehormatan untuk menjadi sekolah pertama yang menjadi lokasi Tryout Online Telkomsel yang diresmikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, November 2013 yang lalu. “Tryout Online yang diadakan Telkomsel sangat penting bagi persiapan siswa menghadapi ujian nasional, tidak hanya bagi siswa SMAN 4 Denpasar tapi juga bagi siswa di seluruh Indonesia,” kata Rika.
Dalam kaitannya dengan pemanfaatan layanan komunikasi untuk menunjang aktivitas belajar mengajar di SMAN 4 Denpasar, Rika juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Telkomsel. Baru-baru ini Telkomsel menyediakan sarana dan fasilitas komunikasi agar para siswa dan guru bisa saling berkomunikasi melalui telepon dan SMS secara gratis setiap saat.

“Layanan dari Telkomsel ini sangat membantu kami dalam berkomunikasi antarsiswa, antarguru maupun antara guru dan siswa. Tentunya pengenalan akan teknologi informasi dan komunikasi ini semakin meningkatkan semangat kami untuk mencapai prestasi yang lebih baik. Ke depannya kami berharap Telkomsel dapat memberikan kemanfaatan yang lebih bagi dunia pendidikan di Indonesia,” tutur Rika. v