SMK Pandawa Abiansemal

Menyiapkan SDM Siap Pakai di Pasar Kerja
Saturday, June 7th, 2014
SMK Pandawa Abiansemal
SMK Pandawa Abiansemal adalah sekolah menengah kejuruan yang ada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Rakyat Pandawa. SMK Pandawa berdiri pada tanggal 11 Januari 1971 dengan jurusan di bidang ekonomi sehingga awalnya bernama Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) Pandawa. Sekolah ini terletak di Jalan Janger, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung. Pada UN tahun 2014 ini SMK Pandawa meraih rangking 7 dari 10 besar SMK di Bali.

Pada awal berdirinya SMK Pandawa meminjam ruang belajar di SD 1 Mambal, Br. Lambing. Desa Mambal Selang tiga tahun pindah ke Desa Abiansemal dengan meminjam lahan milik desa dan membangun gedung secara swadaya dengan bantuan dari masyarakat kecamatan Abiansemal-Petang. Lahan milik desa masih dipergunakan sampai sekarang. Seiring perkembangan dan perubahan kebutuhan dunia industri akan tenaga siap pakai dan terampil tingkat muda, SMK Pandawa sampai dengan saat ini memiliki berbagai jurusan.

Dalam kegiatan operasionalnya SMK Pandawa merujuk pada Visi “Menjadi lembaga diklat yang menghasilkan sumber daya manusia yang professional yang mampu berkompetensi di tingkat nasional maupun internasional”. Sedangkan Misi adalah “Melaksanakan pembelajaran yang berwawasan keunggulan untuk menghasilkan tamatan yang bertakwa, mempunyai unjuk kerja dan kemampuan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kehidupannya”.
Pilihan jurusan yang terdapat di SMK Pandawa Bali adalah jurusan-jurusan yang mayoritas dibutuhkan dalam dunia kerja  sehingga siswa yang telah lulus siap langsung menerjuni dunia kerja dan berkarir cemerlang di dalamnya.Dalam pemilihan jurusan ini SMK Pandawa Bali melengkapinya dengan fasilitas penunjang yang cukup lengkap dan up to date serta hadirnya guru pembimbing yang profesional mahir di bidangnya.

Pilihan jurusan di SMK Pandawa adalah Akuntasi/Keuangan. Akuntansi berperan menyediakan informasi keuangan guna pengambilan keputusan ekonomi. Kenaikan dalam jumlah, ukuran, dan kompleksitas perusahaan bisnis telah meningkatkan kebutuhan masyarakat akan jasa di bidang akuntansi yang dengan sendirinya ikut mendorong perkembangan profesi akuntansi. Mengingat besarnya kebutuhan masyarakat akan lulusan akuntansi, maka SMK Pandawa Bali turut mempersiapkan lulusan akuntansi yang mandiri, berdaya cipta, serta mampu merespon perkembangan akuntansi & teknologi sehingga bisa langsung beradaptasi dan berkarir dalam bidang Akuntasi/ Keuangan ini secara baik.
Keahlian Pemasaran/penjualan, merupakan ujung tombak sebuah perusahaan. Seorang marketing menjadi tumpuan promosi dan penghasilan perusahaan sehingga bisa bertahan atau bahkan berkembang. Seorang marketing dituntut ulet, mengerti analisa pasar, strategi pemasaran, dan up to date pada teknologi terkini dalam promosi maupun pemasaran sehingga bisa mencapai target yang diinginkan. SMK Pandawa Bali turut membina marketer atau calon pengusaha yang ideal sesuai tuntutan perkembangan bisnis masa depan.

Keahlian sekretaris/administrasi perkantoran,karena di era globalisasi fungsi dan peranan sekretaris semakin dibutuhkan oleh para manajer. Para manajer dalam memanfaatkan waktunya lebih berkonsentrasi pada tugas managerialnya yang penuh tantangan itu dan segala pekerjaan staf didelegasikan kepada sekretarisnya. Sebagai konsekuensi logis sekretaris pun akan menghadapi tantangan yang tidak ringan. Untuk itulah, SMK Pandawa Bali membekali siswa di jurusan ini dengan kecakapan Management Tools, Filling System, Recording & Documentation, Work Report, Ketrampilan berbahasa & berteknologi sehingga menghasilkan lulusan yang siap kerja profesional.

Sedangkan keahlian akomodasi perhotelan dibuka karena perkembangan pariwisata yang seiring dengan peningkatan tenaga ahli di bidang perhotelan. Untuk itu SMK Pandawa Bali turut memberikan pengajaran di bidang ini dengan tujuan demi menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan Pelayanan Prima (Costumer Care), mampu Melaksanakan Pembukuan, menerapkan Dasar-dasar Kepariwisataan, melayani Tamu di Kantor Depan (Reception), mampu  Mengolah Usaha Perhotelan, serta mampu melakukan pekerjaan Tata Graha ( House Keeping).

Keunggulan SMK pandawa adalah; Pelopor sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Badung, berdiri tahun 1971 dengan jurusan Ekonomi (SMEA), Meluluskan lebih dari 7000 orang siswa yang telah bekerja di berbagai instansi pemerintah dan perusahaan swasta, Mencetak SDM professional dengan jiwa wirausaha (Entrepreneurship), Kurikulum applied dan up to date disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan dunia usaha. Selain itu Lokasi sekolah strategis, dengan area parkir luas dan aman, fasilitas belajar mengajar dan sarana pendukung proses pembelajaran lengkap dan terkinikan, Telah mendapat legitimasi pemerintah dengan predikat “Terakreditasi A”. Keunggulan lainnya, biaya pendidikan ringan dengan pertimbangan kondisi orang tua siswa, Fasilitas beasiswa bagi siswa berprestasi dari SMK Pandawa dan beasiswa khusus murid dari pemerintah, Sertifikasi profesi dari lembaga sertifikat nasional dan Penerapan disiplin dalam membentuk profesionalisme lulusan.