SMK Pariwisata BIWI Tabanan

Sekolah Dengan Fasilitas Memadai
Monday, March 24th, 2014
guio
Pulau Bali yang merupakan Pulau Seribu Pura dengan keindahan alam dan budayanya menjadikan Bali sebagai laboratorium hidup. Artinya Bali sangat cocok untuk melatih ketrampilan di bidang perhotelan dan pariwisata karena di Bali banyak terdapat fasilitas perhotelan bertaraf internasional dan obyek wisata tiada duanya di dunia.

Dengan semakin berkembangnya teknologi pariwisata telah memudahkan orang untuk melakukan perjalanan pariwisata dan bali sebagai daerah tujuan pariwisata dunia mengalami banyak perkembangan khusus di sector pariwisata. Ini berdampak pula pada pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh sehingga Bali tetap sebagai salah satu tujuan pariwisata yang dikagumi dunia.

Oleh karena itu Yayasan Danendra Upadana melaksanakan pendidikan dan pelatihan melalui Sekolah Menengah Kejuruan Perhotelan dan Pariwisata yang bertujuan menghasilkan tenaga professional khususnya bagi para lulusan yang tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Sekolah ini berdiri pada tahun ajaran 2010/2011. Soft opening sekolah bertaraf internasional ini dilaksanakan pada 17 Mei 2011.

SMK Pariwisata BIWI Tabanan mengemban visi yakni menjadikan SMK Pariwisata BIWI Tabanan terdepan dalam menghasilkan tenaga professional di masa yang akan dating, khususnya tenaga professional tingkat dasar di bidang perhotelan dan pariwisata yang mampu bersaing secara global. Misi yang diemban adalah menjadikan SMK Pariwisata BIWI Tabanan sebagai pusat pelatihan pendidikan perhotelan dan pariwisata untuk menghasilkan tenaga pelaksana di bidang Kantor Depan, Tata Graha, Tata Hidangan, Tata Boga dan Spa Therapy yang memiliki ketrampilan, sikap dan pengetahuan yang mendasar.

Sekolah ini bekerjasama dengan pihak hotel dan spa di dalam negeri dari klasifikasi melati, bintang satu sampai empat maupun di luar negeri di berbagai negara salah satunya di Yunani Eropa. Sejatinya SMK BIWI Tabanan buka mulai November 2011 namun karena permintaan lulusan SMP sangat banyak di wilayah ini, maka diputuskan untuk membuka lebih awal.

SMK pariwisata BIWI dibangun diatas lahan seluas 1 hektar dengan anggaran Rp15 milyar rupiah. Rincian Jurusannya yaitu Jurusan Akomodasi Perhotelah, Tata Boga dan Spa Therapist. Ke depan sekolah ini akan dikembangkan secara integrasi dari PG, TK, SD, SMP, SMA/SMK serta kursus-kursus dan diklat.

Karena mempunyai hubungan langsung dengan Eropa, para istruktur dipilih dari tenaga yang berkualitas baik itu tenaga local maupun yang dari luar negeri. Instruktur asing inilah yang memberikan pelatihan kepada para guru dan instruktur local sesuai standar internasional. Sistem pengajaran juga menerapkan standar internasional sebab lulusan SMK BIWI ditargetkan mampu langsung bekerja di luar negeri baik hotel, spa maupun kapal pesiar.

Meski baru tiga tahun dan Kelas XII akan menghadapi UN pertama, SMK BIWI sudah terintegrasi dengan Eropa dan ini satu-satunya di Indonesia khususnya Bali. Dengan biaya yang terjangkau, para siswa dididik menjadi tenaga berstandar internasional. Kedepannnya juga SMK BIWI mampu menjadi pioneer dalam penanggulangan pengangguran dengan mencetak tenaga lulusan yang siap kerja.

SMK BIWI Tabanan memiliki keunggulan yakni staf guru pengajar produktif 90% dari SMU Negeri, praktisi hotel dan kapal pesiar. Fasilitas pendidikan berupa ruang belajar mengajar ber-AC dan nyaman dilengkapi dengan CCTV, laboratorium bahasa, computer, laboratorium kantor depan, restoran, dapur, hotel praktek dan ruang perpustakaan. Tempat praktek kerja industry di kapal pesiar, hotel bertaraf internasional dalam dan luar negeri.Sedangkan kesempatan kerja di kapal pesiar dan hotel dalam dan luar negeri sesuai dengan kemampuan dan kompetensi keahlian sangat terbuka. Bagi yang ingin tahu lebih lanjut datang saja ke Jalan Dr.Soekarno By Pass Kediri Barat Hardy’s Tabanan Bali.