SMK PGRI Payangan

Mendidik Tenaga Trampil Bidang Kepariwisataan
Wednesday, February 26th, 2014
Smk Pgri peguyangan
SMK PGRI Payangan adalah salah satu sekolah menengah kejuruan yang berada di Payangan, Ibukota Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar. Sekolah ini diresmikan dan mulai beroperasi pada 17 Juli 2000 berdasarkan Ijin Kepala Kantor Depdiknas Provinsi Bali No. 491/I.19.M.N/2000. SMK PGRI Payangan yang beralamat di jalan Raya Payangan-Gianyar ini merupakan sekolah pariwisata dengan program keahlian Akomodasi Perhotelan.

Sekolah ini didirikan dengan tujuan untuk menyiapkan tenaga kerja terampil tingkat menengah bidang Pariwisata, menciptakan tenaga kerja terampil yang berkualitas profesional sehingga mampu berperan sebagai faktor keunggulan bagi industri Pariwisata. Selain itu memberikan keahlian bagi tamatan yang dapat diandalkan sebagai bekal membuat dirinya produktif, meningkatkan taraf hidupnya, profesional untuk mengangkat martabat dirinya.

Untuk proses dan kegiatan pembelajaran, setiap peserta didik menempuh pendidikan selama 3 tahun, minimal 6 bulan Praktik Kerja Industri (Job Training) di Hotel/Industri Pariwisata. Pendidikan berlangsung pagi hari dari pukul 07.30 -13.10.Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum KTSP dimana materi pembelajarannya telah disesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri saat ini.

Adapun program pendidikan yang didapat oleh peserta didik yaitu; Program Normatif dengan mata pelajaran PKn, Agama, Bahasa dan Sastra Indonesia, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.Program Adaptif dengan mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS, Kewirausahaan dan Komputer. Program Produktif dengan mata pelajaran Kompetensi Dasar Kejuruan, K3LH (Sanitasi),Front Office (Kantor depan) dan House Keeping (Tata Graha). Muatan Lokal dengan mata pelajaran Budi Pekerti dan Bahasa Daerah Bali. Muatan global dengan Mata Pelajaran F & B Product (Tata Boga), F & B Service (Tata Hidangan) dan Bahasa Jepang. Selain program tersebut, kegiatan pembelajaran juga didukung dengan kegiatan ekstra kurikuler seperti Karateka, Pramuka, Basket, Sepak Bola, Voly, Tari, Tabuh, Pesantian dan lain-lain.

SMK PGRI Payangan juga menjalin kerja sama internasional antara lain dengan Osaka International School Jepang dan American International School Hongkong. Sekolah ini didukung dengan gedung lantai 3 milik sendiri sebagai ruang kelas, ruang praktek house keeping, front office, tata boga,tata hidangan dan komputer, perpustakaan, internet dan wireless sistem, sarana dan prasarana olahraga, guru/instruktur yang berkompeten yang terdiri dari guru negeri yang diperbantukan, guru honorer, dan instruktur dari hotel berbintang yang sudah berpengalaman. SMK PGRI Payangan juga menyediakan Beasiswa Kurang Mampu (BKM), Beasiswa Prestasi dan Beasiswa dari Osaka International School.

Kesempatan bekerja di industri pariwisata dalam dan luar negeri selalu terbuka, SMK PGRI Payangan dapat menjadi salah satu alternatif pelajar di Desa Payangan. SMK PGRI Payangan memiliki tekad untuk menuntun siswanya menjadi tenaga siap pakai dan berkualitas. v gus/dok