STPBI dan SPB

Wisuda Para Lulusannya
Wednesday, February 26th, 2014

SPB II

Ketua STPBI-SPB Made Sudjana, SE., M.M., CHT,CHA

Bertempat di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC) Sabtu 14 Desember 2013 Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI) dan Sekolah Perhotelan Bali (SPB) menggelar wisuda bagi para lulusannya. STPBI menggelar Wisuda II sedangkan SPB menggelar wisuda XII.

Wisuda diikuti oleh 713 wisudawan/wisudawati dan berlangsung meriah. Dengan diwisudanya 713 mahasiswa ini maka bertambah pula alumni STPBI dan SPB yakni 9.718 orang. Dengan angka ini menunjukkan bahwa Perguruan Tinggi yang didirikan tahun 2000 (SPB) dan 2008 (STPBI) ini cukup diminati masyarakat. Para alumninya juga sudah bekerja sesuai dengan keahlian dan ada pula yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

SPB dan STPBI telah membuktikan diri sebagai salah satu lembaga pendidikan yang dipilih masyarakat serta telah pula memberikan sumbangan berharga bagi nusa dan bangsa khususnya dalam memajukan sumber daya manusia pariwisata. Para lulusan SPB dan STPBI menjadi inovator-inovator dan pemimpin pariwisata yang professional serta berjuang demi kemajuan pariwisata Indonesia.

SPB XII
Ribuan alumni telah merasakan manfaat dari kehadiran SPB dan STPBI.MisalnyaRossyani Dewi, alumni tahun 2012 yang mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada SPB dan STPBI. Ia bangga bisa menjadi salah satu alumni lembaga pendidikan tinggi ini. Sekarang ia tercatat sebagai mahasiswa S2 Corporate Communication di London School of Public Relation. “Saat ini saya sudah bekerja di salah satu perusahaan consultant performance improvement di Jakarta. Dan, hal ini tidak terlepas dari ilmu yang saya dapatkan di kampus, ilmu dari para dosen yang berkualitas. Sungguh beruntungnya saya bisa berkuliah di STPBI,” ujarnya.

Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional adalah sebuah perguruan tinggi yang bernaung di bawah payung Yayasan Dharma Widya Ulangun yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 001/0/0/2008 dan merupakan sebuah lembaga pendidikan di bidang perhotelan dan pariwisata yang dikelola dengan sistem manajemen profesional dan mutu yang berkualitas internasional. Sedangkan Sekolah Perhotelan Bali didirikan berdasarkan Ijin Disnakertrans Nomor: 13/055/LL.S/VIII/2000 yang juga bernaung di bawah Yayasan Dharma Widya Ulangun.

Kedua lembaga pendidikan tinggi ini mengemban visi “Menjadi lembaga pendidikan tinggi di bidang perhotelan dan kepariwisataan yang unggul, mandiri dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional. Sedangkan misi kedua lembaga ini adalah; 1)Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan vokasi dan akademik untuk membangun sumber daya manusia yang unggul, mandiri, dan mampu bersaing di tingkat internasional;2) Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian bidang perhotelan dan kepariwisataan untuk menemukenali dan mengatasi persoalan-persoalan yang muncul di masyarakat dalam mengoptimalkan pembangunan dan pengembangan kepariwisataan tingkat nasional dan internasional;3) Menyelenggarakanpengabdian kepada masyarakat dan pelestarian lingkungan dalam membangun kepariwisataan berkelanjutan; dan 4) Menyelenggarakan kemitraan dengan lembaga sejenis maupun non sejenis dalam menunjang proses pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

SPB-STPBI mulai melaksanakan kegiatan akademis pada tahun 2000 dan memperoleh perpanjangan ijin program studi Manajemen Perhotelan Jenjang D-IV pada tahun 2010 berdasarkan surat dari Kementerian Pendidikan Nasional, Kantor Kopertis Wilayah VIII Nomor: 4005/D/T/K-VIII/2010. STPBI juga mengantongi ijin penyelenggaraan program studi perhotelan Diploma III berdasarkan SK Mendikbud Nomor: 295/E/0/2012 tanggal 30 Agustus 2012.

Alumni SPB dan STPBI telah tersebar baik di tingkat lokal, nasional, dan internasional, berperan aktif memajukan pariwisata dan menyejahterakan masyarakat. Kini Kampus STPBI dan SPB berdiri megah di jalan Kecak No. 12 Gatot Subroto Timur Denpasar 80239. Telpon/Fax: 0361 426699, 427800. Email: info@stpbali-int-ac.id. Website: www.stpbali-int.ac.id dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Kedua lembaga pendidikan tinggi ini memiliki motto “Quality is Our Prime Concern”.adv