Teknologi NVIDIA OptimusTeknologi NVIDIA Optimus

Wednesday, June 11th, 2014
NVIDIA
Saat ini perkembangan notebook semakin maju dari yang diperkirakan. Sejak adanya prosesor Intel Arrandale berbagai solusi menarik mulai banyak ditawarkan vendor. Dahulu IMOB Youngster harus memilih antara graphics integrated (Intel GMA) atau graphics discrete (NVIDIA atau ATI). Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri-sendiri.

Pemakaian graphics integrated biasanya membuat daya tahan hidup notebook menjadi lebih panjang tetapi tidak bisa memainkan game 3D, begitu juga sebaliknya graphics discrete dapat memainkan game 3D tetapi daya tahan hidup notebook menjadi sangat pendek. Melihat keadaan tersebut NVIDIA mencari solusi dengan menghadirkan NVIDIA Optimus.

NVIDIA optimus sendiri sebenarnya sudah diperkenalkan sejak 2007 oleh NVIDIA tetapi masih dalam bentuk switchable feature. IMOB Youngster harus mengubah switch yang tersedia secara manual untuk berpindah dari satu graphics ke graphics lainnya, yang dilanjutkan dengan restart. Proses ini  kadang-kadang merepotkan user.
Namun, dengan adanya switchable graphics sebuah notebook bisa kita gunakan sesuai keperluan, bermain game 3D atau berkerja dengan kompensasi daya tahan hidup. Hanya saja, solusi ini sepertinya kurang begitu populer, terlihat hanya sedikit notebook yang menggunakan teknologi ini dan akhirnya terlupakan begitu saja.

NVIDIA
Sebenarnya cara kerja NVIDIA Optimus cukup sederhana. Di dalam sebuah notebook terdapat dua graphics, yang pertama adalah graphics Intel yang terintegrasi di dalam prosesor Arrandale ( Intel i3 dan i5 untuk saat ini ). Graphics kedua adalah NVIDIA. Nantinya kedua graphics ini akan berjalan secara bergantian menurut kebutuhan.
Sebagai contoh,  ketika kita menggunakan aplikasi office, memutar lagu, browsing dan lain sebagainya yang tidak menuntut kinerja graphics yang tinggi, maka graphics Intel yang akan menyala. Tiba-tiba kita menggunakan aplikasi yang memerlukan kinerja graphics seperti bermain game 3D atau menyalakan aplikasi yang mendukung  CUDA, maka graphics akan berpindah ke graphics NVIDIA secara otomatis.

Perpindahan ini akan berlangsung dalam hitungan detik dan tanpa memerlukan restart seperti yang terjadi pada mode switchable graphics terdahulu. Apa yang IMOB Youngster akan dapat dari teknologi NVIDIA Optimus ini? Ada beberapa manfaat yang IMOB Youngster dapat yaitu,  kinerja graphics yang tinggi sesuai dengan kebutuhan, simple dan tidak perlu berpikir untuk berpindah-pindah graphics dan yang paling penting dari perangkat mobile adalah daya tahan baterai yang tinggi.

Nah, itu dia teknologi NVIDIA Optimus, dengan menggunakan NVIDIA Optimus IMOB Youngster bisa lebih mengoptimalkan kinerja notebook.