TIPS MENCARI KERJA

Tuesday, October 11th, 2011

 

karir
Tak butuh gelar tinggi untuk sukses dalam mencari pekerjaan. Menggapai gol kariermu hanya butuh strategi yang matang dan disiplin. Berikut 6 tips untuk membantumu mencari pekerjaan lebih cerdas, bukan lebih keras.

Jual nilai

Apa yang membuatmu unik? Bagaimana kekuatan, kemampuan, dan prestasimu bisa mengurangi permasalahan yang dihadapi perusahaan yang kamu lamar tersebut? Tentukan “tawaran nilai unik” mu dan buat hal tersebut menjadi rencana integral pada garis besar marketing personalmu. Perhitungkan setiap dokumen (resume, biografi, kartu nama) atau pertemuan langsung (networking, atau wawancara) sebagai kesempatan untuk menyampaikan nilai dan mengemukakan kebutuhan strategismu.

Lebih bersemangat

Mencari pekerjaan bisa jadi sangat melelahkan jika kamu tak memiliki rencana untuk mengisi ulang tenagamu. Tetap termotivasi dan selalu siap akan memudahkanmu membangun rencana praktis dan tetap menjalaninya. Aturlah jadwal harian, lalu putuskan seberapa sering atau berapa jam dalam seminggu bisa kamu siapkan untuk mencari dan menyusun kembali dokumen-dokumen untuk menghitung kembali perkembanganmu.

Mengaktifkan dan membangun jejaring

Jejaring yang kuat bisa memberikan info dan akses ke lowongan pekerjaan yang tak begitu terekspos ke pasaran. Riset menunjukkan bahwa lebih dari 60 persen dari semua pekerjaan yang terpenuhi disebarkan lewat jejaring. Setiap orang yang kamu kenal adalah kesempatan untuk membangun jejaringmu. Jangan lupa, anggota keluarga, teman sosial, atau rekan kerja adalah anggota potensial dalam jejaringmu.

Riset pilihan

Internet adalah tempat yang tepat untuk memulai risetmu. Selain situs-situs khusus untuk karier, seperti Kompaskarier.com, situs perusahaan yang kamu tujupun bisa jadi sumber informasi berharga. Dari sana dipelajari mengenai produk-produk, jasa, siapa yang berwenang, dan banyak hal lainnya.

Mengkhususkan strategi pencarian kerja

Kamu akan meningkatkan kemungkinan untuk sukses jika berfokus pada pilihan khusus personal. Pilih dua atau tiga strategi yang sesuai dengan kepribadian dan gaya hidupmu, lalu bangun pencarian profesi di sekitar wilayah tersebut. Jika ingin bertemu dengan banyak orang baru, cobalah untuk mencari kerja sebagai relawan di sebuah organisasi atau melamar sebagai pemagang sementara di suatu organisasi. Jika kamu adalah tipe pemalu atau introvert, cobalah untuk menghubungi teman-teman lama melalui situs jejaring sosial atau asosiasi alumni. Saluran lain yang bisa dicoba adalah dengan rajin melirik halaman lowongan pekerjaan di harian koran, grup jejaring, atau acara job fair.

Manfaatkan kreativitasmu

“Jual” dirimu dengan imajinasi. Lima tahun lalu, pelamar pekerjaan harus mencetak resume mereka di atas kertas berwarna untuk menarik perhatian personalia. Saat ini, perusahaan ingin mencari karyawan yang kualifikasinya mencukupi kebutuhan perusahaan dan tahu bagaimana mempresentasikan nilai mereka. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menciptakan resume video berisi portfoliomu. dan lainnya.

Apapun metode yang dipilih, lakukan pencarian lowongan dengan cara yang terorganisir, bertarget, dan kreatif. Sukses adalah hasil akhir dari kreativitas dan segala kerja keras yang dibangun di sekitarnya.dbs