ULearn Hadiri ASEAN Tourism Forum di Manado

Tuesday, February 7th, 2012

 

atf

Untuk pertama kalinya Yayasan ULearn International hadir dalam even tahunan regional kawasan Asia Tenggara yang disebut dengan Forum Pariwisata ASEAN atau ASEAN Tourism Forum ( ATF). Kegiatan ini berlangsung 7-10 Januari di Novotel Convention Hall Manado Sulawesi Utara.

 

ASEAN Tourism Forum kali ini memiliki dua agenda utama yaitu Pertemuan Kepala-kepala Pariwisata ASEAN dan Pameran Pariwisata ASEAN atau Travel Exchange. Indonesia sebagai tuan rumah mengundang sekitar 450 buyer, 900 seller, dan 110 Media International dalam kegiatan pasar wisata ASEAN yang dibuka secara resmi oleh wakil Presiden RI Boediono didampingi Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

ULearn International sebagai anggota afiliasi dari Asosiasi Pramuwisata Asia Tenggara (Southeast Asia Tourist Guides Association) mengikuti pertemuan ke-35 Kepala-Kepala Pariwisata Negara ASEAN (35th ASEAN National Tourism Organization Meeting) yang membahas tentang kegiatan-kegiatan pariwisata yang telah mereka kerjakan pada tahun 2011 dan program-program kerja mereka di tahun 2012. Agenda kegiatan mereka seperti masalah kontribusi keuangan Negara-negara ASEAN yang dipimpin oleh Delegasi Brunei Darussalam.

Dalam ASEAN Tourism Forum Indonesia mengepalai kegiatan Standar Pendidikan Tenaga Kerja ASEAN, Phillipina menjadi Ketua dari Standar Obyek Wisata dan Kerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat, Singapura menjadi mentor untuk sistem transportasi ASEAN, sedangkan Malaysia menjadi Ketua dari kegiatan produk-produk wisata yang berbasis lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Untuk Negara Kamboja mendapat tugas untuk menyusun program menangani bencana dimana seperti diketahui bersama bahwa 10 negara ASEAN sangat sensitif dengan bencana alam seperti gempa bumi, banjir yang berhubungan dengan perubahan iklim dunia.

atf
ASEAN Tourism Forum Ke-35 ini selain dihadiri oleh 10 kepala-kepala Pariwisata ASEAN juga hadir Korea-ASEAN Centre, LSM Marketing dari Thailand, Japan-Asean Centre dan SEATGA (Southeast Asia Tourist Guides Association) bersama dengan ULearn International. ASEAN Tourism Forum berusaha menjadikan ASEAN sebagai destinasi pariwisata bersama yang memiliki potensi pariwisata beraneka ragam dari pariwisata alam, budaya, dan pariwisata kreatif. Dilaporkan dalam forum ini sebanyak 80 juta wisatawan asing yang telah berkunjung ke kawasan Asia Tenggara merupakan peluang dan tantangan yang sangat besar dalam rangka meningkatkan kualiatas SDM Pariwisata Asean dari 640 juta penduduk ASEAN dan menarik minat Negara-negara maju menjadi Mitra Investasi dikawasan ini.

Bagi ULearn International yang bervisi-misi education & empowerment, kesempatan untuk hadir di ATF Manado akan menginspirasi Yayasan ini untuk mensinergikan program-program kerja yayasan tahun 2012 untuk dikontribusikan di kawasan Asia Tenggara. Misalnya program pelatihan-pelatihan ketrampilan hidup (lifeskill) maupun sebagai jembatan bagi pertukaran siswa antar negara untuk masyarakat kawasan ASEAN, yang akhirnya akan berdampak kepada peningkatan kecerdasan dan kesejahteraan hidup masyarakat di kawasan Asia Tenggara.